Jokowi Sebut Ada Menteri yang Berkinerja Buruk

Presiden Jokowi saat jumpa pers di Istana.
Sumber :
  • Edi - Biro Pers Setpres

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengatakan akan mengevaluasi kinerja para pembantunya di Kabinet Kerja secara berkala.

Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN di Istana, Moeldoko ke Mana Tak Nongol?

"Rapor itu selalu kita buat, hariannya ada, mingguannya ada, bulanannya ada. Tapi kan, enggak bisa saya buka-buka," ujar Jokowi di Wisma Serba Guna, Senayan, Jakarta, Minggu malam, 24 Juli 2016.

Jokowi menjelaskan, tugas menteri adalah bekerja untuk rakyat, pagi, siang, malam. Karena itu, dia membiarkan penilaian kinerja itu kepada masyarakat. "Tugas kita tuh, bekerja ya siang malam, siang malam pagi, itu tugas kita. Nanti yang menilai, ya masyarakat," kata dia.

Jokowi Lakukan Reshuffle, Ini Deretan Menteri Terbaru Kabinet Indonesia Maju

Meski demikian, Jokowi mengakui, ada penilaian masyarakat atas kinerja para pendampingnya yang sudah baik, yang cukup, bahkan kurang baik.

"Penilaian, ya diserahkan ke masyarakat, ada yang sudah baik. Ada yang sudah cukup. Tetapi, masih ada yang kurang. Ya ini tugas kita untuk memperbaiki hal yang kurang atau belum baik," kata Jokowi.

Sah! Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR Usai Dilantik Jokowi

Untuk itu, Jokowi menilai, perlunya peran masyarakat dalam upaya pengawasan dan kontrol terhadap kinerja dan kebijakan pemerintah.

"Supaya kita semua ini ikut mengawasi jalannya pembangunan. Sehingga, semua instansi, kementerian, pemda merasa kerjanya diawasi. Bekerja itu ada yang ngontrol, siapa itu? Ya rakyat. Jangan ngerasa, kalau bekerja itu tidak ada yang awasi, ada," ucap Jokowi. (asp)

Anggota DPR sekaligus Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera

AHY jadi Menteri ATR/BPN, Mardani PKS: Welcome to The Jungle

Presiden Jokowi lantik Ketum Partai Demokrat AHY jadi Menteri ATR/BPN.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024