Botol Diduga Vaksin Palsu Ditemukan di Jalan Tol

Salah satu contoh vaksin palsu milik Kementerian Kesehatan yang pernah ditemukan. Umumnya vaksin ini diganti label dan menggunakan botol bekas/Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Filzah Adini Lubis

VIVA.co.id – Seorang petugas kebersihan jalan tol, Iyan (27), menemukan sejumlah kantong plastik yang berisi botol vaksin. Iyan menemukan kantong plastik berisi botol vaksin tersebut tergeletak di pinggir jalan pintu masuk tol Joglo 1 Kembangan, Jakarta Barat, Sabtu, 23 Juli 2016 sekira pukul 12.00 WIB.

YLKI Pertanyakan Sikap RS Harapan Bunda Soal Vaksin Palsu

Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Herru Julianto mengatakan, kejadian tersebut bermula saat Iyan sedang bertugas membersihkan pinggir jalan tol. Namun di tengah jalan ia melihat beberapa bungkusan plastik yang tengah tergeletak. Iyan pun membuka bungkusan tersebut yang ternyata berisi beberapa botol vaksin dan alat kesehatan.

"Diduga barang-barang tersebut vaksin palsu," kata Herru saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu, 23 Juli 2016.

Kemenkes dan BPOM Dikritik Lambat Tangani Vaksin Palsu

Herru mengatakan, barang-barang tersebut langsung dibawa ke Polsek Kembangan untuk dilakukan pemeriksaan. Sampai saat ini pihak kepolisian masih menyelidiki siapa yang menaruh barang-barang tersebut.

Apalagi, kemarin polisi juga menemukan dua boks yang diduga berisi vaksin palsu di dekat pintu keluar tol Meruya.

Lama Usut Kasus Vaksin Palsu, Ini Tanggapan Polri

"Dugaan kami ini masih terkait dengan adanya jaringan vaksin palsu. Bisa jadi masih ada hubungan dengan orang yang menaruh (boks vaksin) di kembangan pada Jumat (22 Juli 2016) lalu," ujarnya.

Sidang vaksin palsu di Bekasi.

Pembuat Vaksin Palsu Divonis 9 Tahun Penjara

Suaminya 9 tahun, istrinya dibui 8 tahun.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2017