Umi Delima Pernah Angkat Senjata dan Ikuti Latihan Militer

Istri Santoso jadi DPO Polisi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Jumiatun Muslim alias Umi Delima, istri kedua dari pimpinan kelompok radikal Mujahidin Indonesia Timur, Santoso, ditangkap oleh Satgas Tinombala, Sabtu pagi 23 Juli 2016. Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah AKBP Hari Suprapto mengatakan, Umi Delima pernah mengikuti pelatihan militer dan membawa senjata laras panjang.

TNI: Umi Delima Diperlakukan Selayaknya Perempuan

"Dari foto-foto yang didapat oleh tim Satgas Operasi Tinombala 2016, sebelumnya Jumiatun alias Umi Delima juga turut melakukan pelatihan dan membawa senjata api laras panjang," kata Hari dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 23 Juli 2016.

Menurut Hari, Umi Delima adalah sosok yang selama ini mendampingi Santoso di hutan belantara Poso. Pasca Santoso tewas tertembak, kini wanita bercadar tersebut diamankan oleh kepolisian.

Umi Delima Tunjuk Tempat Senjata Andalan Santoso

Wanita yang dinikahi Santoso secara siri ini tertangkap saat satgas sedang melakukan penyisiran untuk menangkap daftar pencarian orang (DPO) lainnya di pegunungan Tambarana, Poso.

"Pada saat perjalanan melaksanakan penyisiran, tim menemukan seorang wanita yang kemudian diduga sebagai salah satu DPO MlT atas nama Jumiatun alias Umi Delima yang merupakan istri ke-2 dari Santoso alias Abu Wardah dan tim langsung mengamankannya," ujarnya.

Umi Delima Mengaku Diantar Santoso Saat Melahirkan di Palu
Jumiatun Muslim alias Umi Delima

Ditinggal Mati Santoso, Berat Badan Umi Delima Naik 6 Kg

Kondisi Umi Delima sudah membaik dari penyakit kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2016