Sebelum Diperiksa, Istri Kedua Santoso akan Dicek Kesehatan

Umi Delima, Istri Santoso.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Delima, istri komandan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) akhirnya turun gunung dan menyerahkan diri setelah sang suami, Santoso alias Abu Wardah, tewas dalam baku tembak dengan prajurit TNI dalam Operasi Tinombala di hutan Poso Pesisir Utara, Poso, Sulawesi Tengah.

Anggota Gugur, Satgas Tak Kendur Buru Kelompok Santoso

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, istri kedua Santoso itu, ditangkap usai menyerahkan diri di hutan.

"Sekarang lagi dibawa ke Polda Sulawesi Tengah untuk diperiksa. Nanti dia akan diurus oleh Polwan," kata Tito saat ditemui dalam acara Bakti Sosial di GOR Cendrawasih, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu 23 Juli 2016.

Baku Tembak dengan Kelompok Santoso, Satu Prajurit Tewas

Menurut Tito, meski ikut bergerilya bersama Santoso melawan aparat, tapi kepolisian tetap akan memperlakukan Delima secara baik selama diperiksa dan pengamanan di Poso.

"Kami akan tes kesehatan terlebih dahulu. Baru kami periksa terkait keterlibatannya," katanya.

Polisi Tandai Persembunyian Kelompok Santoso di Dekat Sungai

Menurut Tito, polisi tidak menemukan senjata dan bahan peledak di tubuh Delima. Kini keterlibatannya dalam jaringan teroris Santoso masih diselidiki.

"Nanti akan kami dalami lagi dan akan kami lakukan pemeriksaan secara intensif kepada yang bersangkutan," ujarnya.

Sejumlah personel Inafis melakukan olah TKP tewasnya salah satu teroris anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Santoso usai baku tembak dengan Densus 88 pada Jumat, (3/4/2015).

TNI: Pengikut Santoso Tinggal Tujuh Orang dengan Dua Senjata

Kelompok Mujahidin Indonesia Timur itu terus melemah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2016