Bocah asal Bandung Menderita Penyakit Kulit Mengerikan

Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin yang menangani bocah penderita penyakit kulit menular dalam konferensi pers di Bandung pada Kamis, 21 Juli 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id - Seorang bocah berusia 10 tahun asal Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menderita penyakit kulit dan menular yang disebabkan kutu parasite Sarcoptus sabei.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Tim dokter pada Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyebut penyakit itu dikenal sebagai Norwegian skabies atau budug alias borok dalam istilah lokal.

Bocah laki-laki berinisial DS itu adalah Kampung Kertajaya, Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung. Dia dirawat intensif dan diisolasi Rumah Sakit Hasan Sadikin sejak Selasa, 19 Juli 2016.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Hasan Sadikin, dr Nucky Nursamsyi, menjelaskan,  sebenarnya penyakit kulit yang diderita bocah DS  lumrah terjadi pada anak-anak. Sebabnya kurang nutrisi dan kebersihan yang tidak terkendali.

“Sehingga penyakit tadi jadi mengerikan. Penyakit ini biasa dikenal dengan nama Norwegian skabies," ujar Nucky dalam konferensi pers di Kota Bandung pada Kamis, 21 Juli 2016.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Kini, kata Nucky, bukan hanya penanganan kulit yang diprioritaskan, tapi juga kondisi tubuh DS yang kaku. DS butuh pendampingan agar bisa kembali normal. "Lutut kaku, nekuk. Jadi sama tim direhabilitasi agar bisa digerakkan," ujarnya.

Menurutnya, sebenarnya penyakit itu tidak akan diderita DS kalau dia cukup nutrisi dan lingkungannya bersih. Penyakit DS menjadi kian mengerikan karena daya tahan tubuhnya lemah sehingga kulitnya melepuh.

"Kita konsernnya di gizi dan kesehatannya serta kebersihan lingkungan agar tidak menular. Ini faktor murni (kurang gizi dan kebersihan lingkungan)," ujar Nucky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya