TNI AL Perkenalkan Kapal Perang Buatan Dalam Negeri

Kapal Perang TNI AL KRI Cakalang 852
Sumber :
  • VIVA/Danar Dono

VIVA.co.id – TNI Angkatan Laut resmi memperkenalkan kapal perang RI (KRI) Cakalang 852, Rabu, 20 Juli 2016. Kapal perang jenis patroli cepat ini merupakan kapal buatan dalam negeri yang dibuat di galangan kapal PT Caputra Mitra Sejati.

TNI AL Kirim Kapal Perang Latihan Bareng Inggris dan Amerika di India

Selain berfungsi sebagai kapal patroli cepat, KRI Cakalang juga dapat berperan dalam operasi SAR.

Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Ade Supandi yang meresmikan penggunaan KRI Cakalang di Dermaga Marina, Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, mengatakan kapal patroli ini akan dioperasikan untuk patroli cepat TNI AL di wilayah barat.

Kapal Perang TNI AL Selamatkan Nyawa Nelayan Hanyut di Perairan Natuna

"Ini merupakan tindak lanjut dalam rangka pengadaan alutsista dalam upaya meningkatkan kekuatan dan kemampuan jajaran TNI AL dalam kebijakan dasar pembangunan  TNI AL," kata Laksamana Ade Supandi.

KRI Cakalang sendiri memiliki ukuran panjang 43,25 meter dengan lebar 7,40.meter dan tinggi tengah kapal 3,4 meter. Kapal tersebut ditenagai 3 unit mesin yang masing masing bertenaga 1800HP (daya kuda) dengan kecepatan maksimal 24 Knot. Kapal ini mampu menampung 56 000 liter bahan bakar, dan berat 230 ton.

Kapal Perang TNI AL Temukan Mayat PMI Ilegal di Perairan Kuala Tanjung

Ke depannya, Laksamana Ade menegaskan jajaran TNI AL masih akan terus melakukan pengadaan alutsista untuk memenuhi kekuatan pokok ideal.

"Pengadaan masih akan berlanjut untuk pemenuhan jumlah ideal pada Renstra kedua MEF. Kita arahkan untuk lebih banyak pembangunan kapalnya di dalam negeri sehingga ketergantungan terhadap negara luar dapat dikurangi," tutupnya.

Selanjutnya, KRI Cakalang 852 akan ditempatkan di Pangkalan TNI Angkatan Laut Belawan, Sumatera Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya