Komjen Suhardi Alius Resmi Jabat Kepala BNPT

Pelantikan Komjen Suhardi Alius menjadi Kepala BNPT.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius, diambil sumpahnya oleh Presiden Joko Widodo, sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), menggantikan Jenderal Tito Karnavian. Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 20 Juli 2016.

Mentan Amran Berkomitmen Bantu Negara Tekan Berkembangnya Pemahaman Terorisme

Pengangkatan Suhardi tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 70/TPA Tahun 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama Dalam Jabatan BNPT.

Bersamaan, melalui Keputusan Presiden Nomor 68/TPA tahun 2016, mengangkat Peni Kusumastuti Lukito sebagai Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Selanjutnya, keduanya diambil sumpah jabatan oleh Presiden Joko Widodo.

BNPT Dorong NII Masuk Daftar Organisasi Teror

Hadir dalam acara itu antara lain, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Oesman Sapta Oedang. Ketua DPD Irman Gusman, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Turut hadir juga, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Budi Gunawan, Wantimpres Sidarto Danusubroto, Wakil Ketua KPK Basariah Pandjaitan, dan jajaran Kabinet Kerja.

Suhardi Alius diketahui masih menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Sejumlah jabatan yang pernah dijabat oleh pria kelahiran Jakarta, 10 Mei 1962 yang merupakan alumuni Akademi Kepolisian (Akpol) 1985 ini di antaranya sebagai Kapolres Jakarta Barat pada 2004 kemudian Direktur Reserse Kriminal Polda Metro Jaya pada 2005.

Komisi III DPR Siap Perjuangkan Penambahan Anggaran BNN-BNPT

Suhardi juga pernah menjadi Koordinator Staf Pribadi Pimpinan Polri (Koorspripim) pada 2005 lalu, Dir Minwa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian pada 2009, Direktur Tindak Pidana Tertentu Badan Reserse Kriminal Mabes Polri pada 2010 dan Wakapolda Metro Jaya pada tahun 2010.

Kemudian pada tahun 2012,  Suhardi Alius juga pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri kemudian Kapolda Jawa Barat 2013 dan Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri pada 2013.

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: Sepanjang 2023 Tidak Ada Aksi Terorisme di Indonesia

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme atau BNPT, Komjen Polisi Rycko Amelza Dahniel, mengatakan bahwa tidak ada aksi terorisme sepanjang tahun 2023 di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023