Nasib Perppu Kebiri Ditentukan Pekan Depan

Ilustrasi/Suntik mati
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id –  Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Maman Imanulhaq mengatakan, komisinya menargetkan akan memberikan keputusan soal Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Kebiri Selasa pekan depan.

Kebiri Kimia Upaya Langkah Salah Sasaran

"Senin depan. Pembahasan internalnya dengar pandangan fraksi, Kalau senin berhasil satukan pendapat fraksi maka kemungkinan Perppu Kebiri Selasa jadi UU," kata Maman di gedung DPR, Jakarta, Selasa 19 Juli 2016.

Ia mengatakan, pembahasan Perppu ini memang telah dimandatkan Ketua DPR melalui rapat badan musyawarah agar diputuskan di Komisi VIII. Sehingga mulai minggu ini hingga Senin, komisinya akan memanggil pemerintah dan pihak terkait.

Perppu Perlindungan Anak Dibahas di Paripurna Hari Ini

"Perdebatannya hanya soal IDI itu, siapa yang lakukan kebiri. Mungkin undang IDI besok kamis. Teman-teman kelihatannya setuju. Tapi dukungan publik akan jadi poin penting," kata Maman.

Ia menilai kalau Perppu ini disetujui maka tidak akan tumpang tindih dengan RUU penghapusan kekerasan seksual (RUU PKS). Sebab RUU PKS nantinya akan bersifat lebih general dibandingkan Perppu Kebiri ini.

Perppu Kebiri Harus Diterapkan dengan Sungguh-sungguh

(mus)

Ilustrasi paripurna DPR.

Alasan Gerindra Tolak Perppu Kebiri

Meski menolak, Gerindra menghormati putusan paripurna.

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2016