Minimnya Infrastruktur Dinilai Jadi Penghambat Kemajuan Desa

Ilustrasi kemiskinan di desa.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menilai, salah satu penghambat terbesar kemajuan desa dan kawasan perdesaan adalah rendahnya ketersedian infrastruktur dasar. Oleh karena itu, mereka berniat memperbaiki pada tahun ini.

Gernas BBI 2021 Targetkan 6,07 Juta UMKM-BUMDes Masuk Platform Digital

"Pembangunan prasarana penunjang seperti transportasi, komunikasi, pertanian, pendidikan dan kesehatan," kata Menteri Desa PDTT, Marwan Jafar, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 19 Juli 2016.

Selain di desa, Marwan juga fokus pada pembangunan yang menghubungkan antardesa juga agar desa-desa itu bisa saling berinteraksi.

Gaung Gernas BBI hingga Desa, Produk BUMDes di Kaltim Go Global

Dia mengingatkan anggaran terbesar kawasan perdesaan tahun 2015 digunakan untuk penyediaan akses transportasi kawasan, berupa pembangunan jalan dan dermaga di 13 kabupaten, kemudian pembangunan jalan antardesa dan dermaga antarpulau di 10 kabupaten.

Menurutnya, pembangunan kawasan perdesaan di tahun 2016 dimanfaatkan untuk melanjutkan beberapa program kegiatan pada tahun sebelumnya, dengan sasaran sebanyak 168 kabupaten.

Cara Ganjar Atasi Kemiskinan Ekstrem di 5 Kabupaten Jateng

"Kami akan membangun penyediaan listrik di 57 kabupaten, dan penyediaan sarana air bersih bagi 12 kabupaten. Selebihnya, berupa jalan, penyediaan jaringan informasi desa, dan alat pendukung pendidikan," ujarnya.

Marwan menambahkan, ada setidaknya lima program prioritas kawasan perdesaan di tahun 2016. Pertama pengembangan sarana dan pra sarana kawasan perdesaan, kedua pembangunan ekonomi kawasan perdesaan melalui pasar kawasan perdesaan, Usaha Bersama Komunitas (UBK), dan Badan Usaha Usaha antar Desa (BUMADes), ketiga pengembangan sumber daya alam kawasan perdesaan, keempat penyelenggaraan perencanaan pembangunan kawasan perdesaan, kelima peningkatan kerja sama dan pengembangan kapasitas.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar

Mendes Abdul Halim Iskandar Bangun Ketahanan Pangan Desa di 5 Provinsi

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar berharap ada kesejahteraan masyarakat desa dan daerah transmigrasi.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2021