Teka-Teki Siapa Pengganti Santoso

Santoso alias Abu Wardah, pemimpin kelompok Mujahidin Indonesia Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Abdullah Hamann

VIVA.co.id - Tim gabungan Operasi Tinombala berhasil menembak mati pemimpin berpengaruh dalam kelompok radikal Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Santoso. Banyak pihak menebak-nebak siapa pengganti Santoso yang akan memimpin kelompok yang kini berafiliasi dengan Negara Islam Irak dan Syiria (ISIS) itu.

Polri Ungkap Peran 10 Terduga Teroris yang Ditangkap di Solo Raya

Beberapa pengamat terorisme menyebut pucuk pimpinan MIT akan diganti satu di antara dua orang kepercayaan Santoso, Basri atau atau Likora. Namun, informasi menyebutkan bahwa selain Santoso, aktivis radikal lain yang ikut tertembak mati dalam Operasi Tinombala itu ialah Basri.

Mantan teroris asal Lamongan, Jawa Timur, Ali Fauzi Manzi, mengatakan bahwa seandainya Basri masih hidup, ia tidak mungkin akan diangkat jadi pimpinan MIT. "Karena untuk menjadi pemimpin kelompok seperti ini harus dilihat rekam jejaknya," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id.

10 Terduga Teroris yang Ditangkap di Solo Raya dari Jaringan Jamaah Islamiyah

Basri, menurut Fauzi, jauh dari kriteria pemimpin di MIT. Pemahaman keagamaannya belum mumpuni. Rekrutmen dan doktrinasi sangat sulit dilakukan tanpa pengetahuan keagamaan, tentu sesuai ideologi kelompok MIT. "Karena kelompok ini berkaitan dengan ideologi keagamaan," ujarnya.

Mantan instruktur pelatihan bom Jamaah Islamiyah (JI) Wakalah Jawa Timur itu menganalisis, proses pergantian pimpinan MIT sepeninggal Santoso akan melibatkan tokoh ISIS, baik yang berada di Indonesia maupun di pusatnya, Suriah. "Sangat mungkin yang menentukan ISIS," kata Fauzi.

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kendati begitu, dia mengaku belum tahu siapa sosok yang akan ditunjuk dan disetujui ISIS untuk menggantikan Santoso. "Karena kelompok ini, kan, kelompok klandestin. Siapa penggantinya, yang tahu hanya mereka. Kita tunggu saja," ujar Fauzi.

Juru Bicara Densus 88 Anti-teror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Para terduga teroris itu ditangkap di lokasi berbeda.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024