Suhardi Alius Jadi Kepala BNPT, Besok Dilantik

Komisaris Jenderal Suhardi Alius
Sumber :
  • Dokumen Humas Polri

VIVA.co.id – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan, memastikan bahwa Komisaris Jenderal Suhardi Alius akan menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang baru menggantikan Tito Karnavian.

Lebaran Aman dari Gangguan Terorisme, Komisi III DPR Apresiasi BNPT

"Iya betul (Suhardi Alius pimpin BNPT). Iya (besok dilantik)," ujar Luhut di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Juli 2016.

Suhardi akan menggantikan Tito Karnavian yang kini duduk di pucuk pimpinan korps Bhayangkara. Lulusan Akademi Kepolisian 1985 itu saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Pakar Dukung BNPT Tangkal Konten Radikalisme: Butuh Keterlibatan Banyak Pihak

Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Utama Lemhanas, Suhardi pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Mabes Polri dan Kapolda Jawa Barat serta Kepala Bareskrim Polri di era Kapolri Jenderal Sutarman.

Sebelumnya, Indonesia Police Watch memperkirakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan dijabat oleh Komisaris Jenderal Suhardi Alius. Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan, jika benar Suhardi menjadi Kepala BNPT, maka tantangan pemberantasan terorisme akan berat.

BNPT: Sepanjang 2023 Tidak Ada Aksi Terorisme di Indonesia

Apalagi pasca tewasnya gembong teroris Santoso di Poso Sulawesi Tengah, bukan mustahil akan ada serangan balasan dari para teroris. Berbeda dengan para Ketua BPNT sebelumnya, Suhardi justru belum pernah berdinas di Detasemen Khusus 88 Antiteror. Ia lebih banyak berdinas di satuan reserse. 

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pelantikan Kepala BNPT yang baru akan digelar Rabu, 20 Juli 2016, oleh Presiden Joko Widodo. (ase)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya