TNI Angkatan Laut Siapkan Misi Bebaskan WNI dari Abu Sayyaf

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Ade Supandi, menegaskan pihaknya sudah siap untuk melakukan misi pembebasan Warga Negara Indonesia (WNI) yang diculik kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina. Tinggal tunggu lampu hijau dari pimpinan.

Bareskrim Tangkap Pelaku Perdagangan Orang 2 WNI ke Kapal China

"Saya sudah siapkan personel dan alutsista (alat utama sistem pertahanan)," ujarnya di Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Juli 2016.

Namun, kata Ade, pihaknya hanya diberikan kewenangan untuk menyiapkan kekuatan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Terkait apa yang terjadi di dalam Filipina, dia mengatakan, itu bukan kebijakannya.

ABK Asal Indonesia Meninggal, Orang Tua Gugat Kapal Pesiar Amerika

"Saya hanya diberikan kewenangan untuk menyiapkan kekuatan. Untuk upaya kita dalam membebaskan sandera ini, nanti dikelola sama Panglima TNI," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, tiga orang dari tujuh Anak Buah Kapal (ABK) yang dipekerjakan oleh warga negara Malaysia disandera oleh lima orang bersenjata laras panjang Minggu, 10 Juni 2016.

Bareskrim Selidiki Potensi Perdagangan Manusia 14 ABK Long Xing 629

Majikan kapal tersebut, Chia Tong Len, melaporkan kejadian pada kepolisian Malaysia. Ketiga WNI yang diculik itu bernama, Lorence Koten (34), Teodorus Kopong (42) dan Emanuel (40).

(ren)

Lagi, 3 Pelaku Perbudakan ABK WNI di Kapal Long Xing Ditangkap

Bareskim Polri telah melakukan pemeriksaan 14 ABK Long Xing 629.

img_title
VIVA.co.id
23 Juni 2020