Awasi Orang Asing, Pemkot Jakbar Fokus ke Indekos

Kemenkumham sosialisasi pengawasan orang asing di Jakarta, Selasa, 19 Juli 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menggelar sosialisasi pengawasan orang asing di DKI Jakarta, khususnya di Jakarta Barat, Selasa, 19 Juli 2016.

Perjuangan Buat Paspor Online, Berakhir di WhatsApp

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Endang Sudirman mengemukakan, pihaknya memiliki tantangan besar dalam pengawasan orang asing di wilayah Jakarta Barat (Jakbar). Terlebih, setelah berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), di mana 169 negara telah bebas visa untuk masuk ke Indonesia.

"Orang asing sudah tahu persis apa yang dilakukan di DKI. Kami lah yang harus betul-betul mengawasi mereka, dalam hal ini tim Pora (pengawasan orang asing) yang beranggotakan dari imigrasi, pemkot (pemerintah kota), kepolisian dan kejaksaan," ujar Endang di lokasi sosialisasi di Jakarta, Selasa, 19 Juli 2016.

Aparat di DKI Jakarta Kewalahan Pantau Warga Asing

Wakil Wali Kota Jakarta Barat Muhammad Zen mengemukakan, populasi orang asing di Jakarta Barat sangat banyak. "Pengawasan khususnya di Jakarta Barat itu di rumah indekos. Sangat banyak indekos berisi orang asing di Jakarta Barat, selain di hotel dan apartemen," ujarnya di lokasi.

Hari ini, para peserta sosialisasi yang datang antara lain dari Pemerintah Kota Jakarta Barat, Polres Jakarta Barat, Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Direktorat Jenderal Imigrasi.

Ini Jenis Pelanggaran yang Jerat WNA China
Kepala Bagian Humas dan Umum, Ditjen Imigrasi, Agung Sampurno.

Pantas Eror! Satu Akun Bikin 4.600 Permohonan Paspor Online

Dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab untuk mengacaukan sistem.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2018