Jusuf Kalla Ingin Bangun Taman untuk Berburu Pokemon

Wakil Presiden, Jusuf Kalla.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla mengungkapkan, permainan Pokemon Go justru membawa dampak positif bagi anak-anak.

Ratas Bahas Geopolitik, Airlangga: Cadangan Devisa Kita Masih Kuat

Menurutnya, dengan adanya permainan itu, kini anak-anak menjadi lebih sehat. Karena lebih banyak bergerak mencari Pokemon. Ketimbang hanya bermain game, berdiam diri di dalam kamar atau dalam rumah.

"Ada bagusnya, kalau selama ini anak-anak main gadget di kamar sekarang di alam terbuka lebih sehat," kata JK di kampus Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Jawa Barat, Senin 18 Juli 2016.

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Hanya saja JK mengakui, ada konsekuensi dari itu. Konsekuensinya yaitu, pemerintah harus lebih banyak membangun, menyiapkan banyak taman, agar masyarakat bisa lebih aman dan bebas dalam berburu Pokemon.

"Konsekuensinya pemerintah harus siapkan banyak taman," ujar JK.

Barang Kiriman TKI Bebas Pajak Bakal Naik Jadi Maksimal US$2.800 per Tahun

Karena itu, kata JK berlebihan jika ada anggapan permainan besutan Niantic Lab, Nintendo, dan The Pokemon Company tersebut, membahayakan keamanan negara.

"Di seluruh dunia (juga) jadi tren. Berlebihan kalau itu (membahayakan keamanan negara dan pengguna game)," kata JK.

Sebelumnya, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menyampaikan, BIN tengah mengkaji secara serius keamanan aplikasi permaian asal Jepang itu.

"Lagi kami kaji oleh tim kami ya (Pokemon Go) itu. Jadi kami lihat dulu dan kaji secara serius. Ada timnya," kata Sutiyoso di kantor Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat, Jumat 15 Juli 2016.

Sutiyoso juga enggan berkomentar lebih jauh. Sebab, pihaknya masih mengkaji keamanan game itu, apakah membahayakan bagi negara atau tidak. "Karena saya kalau ngomong lebih jauh harus benar," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya