Kinerja Sutiyoso Sebagai Kepala BIN Dianggap Biasa Saja

Kepala BIN Sutiyoso.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Anggota DPR Komisi III DPR RI, Masinton Pasaribu menilai kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso tidak ada yang menonjol. Hal ini dilihat dari penanganan aksi terorisme yang masih terus terjadi, seperti bom bunuh diri di Polresta Surakata sebelum Idul Fitri.

Wilayah 4T di Sulawesi Utara Digempur Vaksinasi

"Ya kinerjanya biasa-biasa aja, tidak ada yang luar biasa. Biasa-biasa aja," kata Masinton saat dihubungi, Sabtu 16 Juli 2016.

Politikus PDIP juga sudah mendengar kabar Wakapolri Komjen, Budi Gunawan digadang-gadang akan menggantikan, Sutiyoso sebagai kepala BIN. Masinton menganggap hal itu bisa saja terjadi.

11 Ribu Dosis Vaksin Disebar ke 5 Kabupaten di Jawa Tengah

Hal itu mengacu pada latar belakang dan pengalaman, Budi Gunawan di kepolisian."Artinya, dalam posisi apa pun Pak BG (Budi Gunawan)  sudah sangat layak dan memadai secara kapasitas pengetahuan, jaringan dan pengalaman," paparnya.

Selain itu menurut, Masinton dari sisi personal, Budi Gunawan nampak layak menjadi kepala BIN. "Pak BG itu bekerja dengan teliti, hati-hati dan cermat dalam menjalankan tugas," ucapnya. 

Tes Covid-19 Syarat Perjalanan Tak Wajib, Vaksinasi di Babel Digeber

Namun meski BG dianggap sosok yang layak sebagai kandidat kepala BIN, ia menyerahkan semua kepada Presiden, Jokowi. Karena kewenangan untuk mengangkat atau memberhentikan seseorang sebagai kepala BIN sama seperti menteri kabinet. Di mana hal tersebut sepenuhnya menjadi hak prerogatif presiden. 

Kepala BIN Budi Gunawan meninjau vaksinasi

Kepala BIN: Saatnya Indonesia Punya Medical Intelligence Andal

Badan Intelijen Negara (BIN) terus mengembangkan kapasitas dan kapabilitas medical intelligence-nya untuk kesiapan menghadapi ancaman mendatang.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022