23 Bandara Paling Sibuk Hingga H+10 Lebaran

Ratusan calon penumpang pesawat mengantre untuk masuk kedalam Terminal 1 C Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten,
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Iqbal

VIVA.co.id – Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, Suprasetyo mengatakan, ada lebih dari 20 bandara di Indonesia sangat sibuk melayani penumpang selama arus mudik dan balik untuk rute domestik selama libur Lebaran.

4 Maskapai Paling Penuh Penumpang Selama Mudik Lebaran

Terhitung sejak 24 Juni 2016 hingga 17 Juli 2016, sebanyak 23 bandara tersibuk tersebut, yaitu Medan, Aceh, Padang, Pekanbaru, Bengkulu, Gorontalo, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan Palembang.

Selain itu, Banten dan Jakarta, Jayapura, Solo, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Lampung, Ambon, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Palangkaraya, dan Makassar.

Lebaran, Citilink Tambah Ribuan Kursi

Sementara itu, rute internasional, terdapat tujuh bandara tersibuk, yakni Medan, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Denpasar, dan Makassar.

"Itu ada lebih dari 20 bandara yang trafiknya paling tinggi selama H-12 sampai H+10," ujarnya di kantor Kementerian Perhubungan, Rabu, 13 Juli 2016.

Bangun Terminal Baru, AP II Yakin Wisman Bertambah 4 Juta

Dia mengatakan, untuk jumlah penumpang arus mudik dan balik Lebaran tahun ini mengalami peningkatan hingga 15 persen. Jumlah penumpang pada 2015 mencapai 4.567.501 orang, dan pada tahun ini meningkat menjadi 5.234.850 orang.

"Kenaikan penumpangnya baik tujuan domestik maupun internasional sekitar 14-15 persen," katanya.

Bandara Internasional Soekarno - Hatta

Jadi Bandara Tersibuk, Soekarno-Hatta Kalahkan Changi

Menandai berkembangnya penerbangan nasional.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2019