Dirut KAI: Lebaran, Pengguna Kereta Capai 5,31 Juta

Pemudik kereta api
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, secara nasional penumpang kereta api pada saat arus mudik-balik Lebaran mengalami peningkatan sebesar 5,1 persen dibandingkan Lebaran tahun 2015 yang lalu.

Waduh! Tiket Kereta Mudik di Sejumlah Rute Ludes Terjual, Ini Daftarnya

"Pada arus mudik-balik Lebaran tahun 2015, jumlah penumpang kereta api mencapai 5,1 juta penumpang dan pada tahun 2016 jumlah penumpangnya mencapai 5,31 juta penumpang," katanya usai meninjau pelayanan arus mudik-balik Lebaran di Stasiun Tugu Yogyakarta, Minggu 10 Juni 2016.

Menurutnya untuk Daop 6 Yogyakarta sendiri, arus mudik lebaran masih cukup tinggi. Bahkan kata dia hingga  H+3, penumpang yang datang masih cukup banyak karena banyak pemudik yang baru bisa memperoleh libur usai lebaran.

Sepanjang Musim Mudik 2018, KAI Angkut 6,2 Juta Penumpang

Menurut dia, salah satu indikasi terjadi puncak arus balik adalah apabila seluruh tiket terjual. "Hingga hari ke-10 lebaran, tiket kereta sudah terjual hingga 80 persen," katanya.

Menurutnya, pada masa angkutan lebaran ini rata-rata keterlambatan kereta, baik untuk keberangkatan maupun kedatangan dinilai menurun atau lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Sudah 21 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

"Keterlambatan harus dinilai dari kedatangan dan keberangkatan. Kedatangan kereta masih ada keterlambatan namun untuk keberangkatan 99 persen tepat waktu," katanya.

Oleh karena itu, berdasarkan rata-rata kedatangan dan keberangkatan kereta selama masa Angkutan Lebaran 2016, Edi menilai kinerja PT KAI semakin membaik.

"Beberapa waktu lalu, memang sempat ada keterlambatan kedatangan untuk kereta Taksaka tujuan Yogyakarta. Namun, dalam waktu dua dan tiga jam bisa langsung ditangani dan tidak ada masalah apapun dalam perjalanan," katanya.

Diakuinya, perjalanan kereta Taksaka mengalami gangguan teknis yaitu adanya masalah dalam sambungan gerbong kereta.

"Apapun bentuk gangguannya, jika itu berhubungan dengan keselamatan kereta, maka harus tetap diperbaiki. Tidak boleh dipaksakan berjalan," katanya.

Sementara itu, total penumpang di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta selama masa Angkutan Lebaran hingga Sabtu 9 Juli 2016 tercatat sebanyak 322.853 penumpang atau turun satu persen dibanding tahun lalu sebanyak 327.606 penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya