Rest Area Km 52 Padat, Tol Cikampek Macet 18 Kilometer

Situasi tol di km 67 Tol Jakarta-Cikampek pada H+ 2 Lebaran, Sabtu, 9 Juli 2016
Sumber :
  • CCTV PT Jasa Marga

VIVA.co.id – Kepadatan kendaraan pada arus balik hari ini, Sabtu, 9 Juli 2016 menyebabkan lalu lintas di Tol Cikampek merayap. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang menggunakan rest area di kilometer 62 dan 52 ke arah Jakarta, yang berada setelah titik pertemuan antara ruas Tol Cikampek-Palimanan dan Cikampek-Purwakarta-Padalarang.

One Way di Ruas Tol Palimanan-Jakarta Kondisional

Menurut petugas PT Jasa Marga, kendaraan merayap berakhir di kilometer 52, dan antreannya memanjang sekitar 18 kilometer ke ruas Tol Cipali. Sementara untuk kendaraan dari arah Bandung dan Purwakarta, terlihat kendaraan merayap mulai kilometer 73 di ruas Tol Cipularang.

"Cikampek arah Jakarta terpantau padat, lebih tepatnya sampai rest area di kilometer 52. Dari Cipularang sampai kilometer 73, kalau Cipali kilometer 80," kata petugas bernama Fajar, saat dihubungi VIVA.co.id, Sabtu, 9 Juli 2016.

One way Diberlakukan di Tol Palimanan-Cawang Pukul 15.00 WIB

Dari pantauan petugas Jasa Marga, kepadatan ini terjadi karena tingginya volume kendaraan yang melewati ruas Tol Jakarta-Cikampek, baik dari arah Palimanan maupun dari Bandung atau Purwakarta. 

"Kepadatan terjadi lebih cenderung karena arus balik, ditambah juga masyarakat yang beristirahat di rest area kilometer 62 dan 52," ujarnya menjelaskan.

Dawuan Hingga Cikarang Barat Diberlakukan Contraflow

Meski sudah padat, tapi pihak operator tol dan Kepolisian belum memberlakukan sistem buka tutup di kedua rest area itu. "Rest area situasional, kalau sudah overload (kelebihan kapasitas) akan diberlakukan buka tutup, sampai sekarang masih buka," ucapnya.

Setelah melewati kedua rest area itu, lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek menurutnya tidak ada hambatan lagi sampai memasuki Jakarta. Bahkan antrian di Gerbang Tol Cikarang Utama pun terpantau hanya sekitar 500 meter.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya