Sosok Husni Kamil di Mata Komisioner KPU

Ketua Komisi Pemilihan Umum, Husni Kamil Manik (semasa hidup).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ferry Kurnia Rizkiyansyah menilai ketua dari lembaga yang ia geluti sebagai sosok yang tenang, friendly, kalem, dan bisa mengatur ritme organisasi dengan baik.

KPU Minta Masa Jabatan Penyelenggara Pemilu di Daerah Diperpanjang

"Kita kan ada sisi proses pengendalian yang beliau lakukan, bisa lakukan dengan baik sekali. Tentunya kita merasa sangat kehilangan," kata Ferry usai proses pemakaman di TPU Jeruk Purut, Jakarta, Jumat 8 Juli 2016.

Ia merasa dekat sekali dengan almarhum sebab sejak 2003 ia sudah aktif di KPU Jawa Barat dan Husni di KPU Sumatera Barat. Begitu pun dengan divisi mereka di KPU sama yaitu divisi sosialisasi.

KPU Paksa Parpol Penuhi 30 Persen Kuota Perempuan

"Jadi yang kita garap sama. Di KPU saya termasuk orang yang apa adanya pada beliau. Jadi kalau ada hal yang kita luruskan, kita luruskan, kalau ada hal yang benar, kita apresiasi dengan baik. Kita jaga itu semua," kata Ferry.

Menurutnya, satu hal yang bisa dibanggakan komisioner KPU di bawah kepemimpinan Husni yaitu soliditas. Soliditas ini dinilai berkat kepiawaian Husni dalam mengatur ritme kinerja di KPU.

Mer-C Peringatkan KPU, Masalah KPPS Bakal Dibawa ke UNHCR

"Ada dua hal yang menjadi catatan penting yang selalu dibahas dan diwasiatkan. KPU menjadi lembaga negara. KPU harus jelas seperti apa. Bukan kita ingin menjadi pejabat negara tapi KPU betul-betul dihargai sebagai institusi yang sangat jelas dalam ketatanegaraan," kata Ferry.

Lalu, ia melanjutkan pekerjaan rumah lainnya yang harus diselesaikan KPU di masa mendatang terkait dengan semangat independensi atau kemandirian. Hal ini yang akan terus KPU perjuangkan.

"Kita ingin optimal dan meninggalkan legacy yang baik, KPU-KPU ke depan bahwa kita lembaga mandiri yang diatur konstitusi oleh undang dasar-dasar bukan undang-undang saja," kata Ferry.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya