Musim Mudik, Dua Rekayasa Lalu Lintas di Brebes Timur

Foto Ilustrasi pemudik menunggu antrean.
Sumber :
  • Viva.co.id/Ferry Damayanti

VIVA.co.id – Pemudik dengan jalur darat menuju Jawa Tengah pada H-3 yang keluar di pintu Tol Brebes Timur, hari ini terhenti sepanjang 20 kilometer. Berdasarkan pantauan dan laporan harian yang diterima Posko Angkutan Lebaran Tahun 2016, pada hari Minggu, 3 Juli 2016. Kemacetan panjang di pintu keluar Tol Brebes Timur itu disebabkan antrean tol.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

"Petugas pintu tol telah melakukan jemput bola dengan mendatangi mobil yang berhenti untuk melakukan transaksi pembayaran masuk tol. Selain itu, penyebab kemacetan adalah antrean di pom bensin Pertamina dekat pintu tol Brebes Timur," kata Hemi Pamuraharjo, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan pada siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Minggu, 3 Juli 2016.

Untuk mengurai kemacetan itu, petugas pun telah melakukan rekayasa lalu lintas dari ruas Pejagan sampai Brebes Timur, kemudian dialihkan ke pintu tol Cikopo lama ruas Jakarta-Cikampek untuk di arahkan ke Pantai Utara. Sedangkan ruas Cikopo-Cipali ditutup sementara. 

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

Rekayasa yang lain adalah ruas Palimanan Kanci, lalu lintas diarahkan keluar Kanci untuk mengarah jalur arteri Pantai Utara. "Jalur ini dibidik karena terpantau lancar di bandingkan jika dialihkan melalui Subang walaupun jaraknya lebih dekat," ungkapnya.

Melihat antrean panjang ini, para pengguna jalan yang akan melintasi ruas tol tersebut disarankan menggunakan jalur alternatif non tol dari arah Ketanggungan, Jati Barang dan Slawi.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang
Tol Cipali

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Antisipasi dilakukan sejak dini. Berkoordinasi dengan Polri.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2017