Pagi Ini Tol Jakarta-Cikampek Ramai Lancar

Kendaraan pemudik saat melintas di jalan tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Arus kendaraan pemudik di tol Jakarta - Cikampek pagi ini, Minggu, 3 Juli 2016 terpantau ramai lancar. Berdasarkan pantauan CCTV Jasa Marga di Posko Lebaran Kementerian Perhubungan, pada pukul 09.00 WIB, kepadatan akibat volume lalu lintas mulai terlihat di pintu gerbang Cikarang Utama.

Tol Cikampek Macet Parah, Antrean Kendaraan Mengular hingga Belasan Kilometer

"Hingga pagi ini, antrean menjelang pintu gerbang Cikarang Utama mencapai 1-2 kilometer, mulai dari KM 28 sampai pintu gerbang tol. Intensitas kendaraan yang didominasi kendaraan pribadi dari arah Jakarta masih terpantau normal," kata Mulyana, petugas Jasa Marga di Posko Lebaran Kemenhub kepada VIVA.co.id, Minggu, 3 Juli 2016.

Selanjutnya, menurut pantauan CCTV, selepas pintu gerbang Cikarang Utama kondisi lalu lintas ramai lancar. Namun, beberapa titik kepadatan terlihat di beberapa ruas jelang rest area. Misalnya saja di rest area KM 39 dan KM 57, yang menyebabkan kendaraan sedikit tersendat hingga mencapai tiga kilometer.

Demoi Buruh di Cibitung Bekasi Picu Kemacetan Tol Jakarta Cikampek

"Kemudian titik kepadatan berikutnya adalah di wilayah Karawang Barat, yang menurut informasi petugas di lapangan diakibatkan karena semakin meningkatnya volume lalu lintas. Selebihnya di Karawang Timur, kecepatan rata-rata kendaraan mencapai 40 kilometer per jam," ujar Mulyana.

Berdasarkan data Jasa Marga, hingga pagi ini jumlah kendaraan pribadi yang melintas di gerbang tol Cikarang Utama mencapai 41.389 unit, sedangkan keseluruhan totalnya mencapai 42.126 kendaraan. Petugas Jasa Marga juga mengatakan, contra flow akan diberlakukan situasional, jika kepadatan kendaraan mulai meningkat.

Direktur PT Bukaka Sofiah Balfas Jadi Tersangka Baru Korupsi Proyek Tol MBZ
Ilustrasi Contraflow satu lajur arah Cikampek Utama

53 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Melalu Tol Cikampek pada H-2 Natal

Sebanyak 53 ribu kendaraan tercatat meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Jawa Barat

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2023