Menteri Agama Beberkan Kesiapan Ibadah Haji di Arab Saudi

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA.co.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan ibadah haji 1437 Hijriah atau 2016 Masehi.

Saudia Airlines Angkut 106 Ribu Jemaah Haji Indonesia 2024

Dalam kunjungan kerjanya, Menteri Lukman didampingi oleh Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, dan Direktur Jenderal Pelayanan Haji dan Umrah Abdul Djamil.

Lukman juga telah melakukan pengecekan di sejumlah tempat salah satunya yaitu penginapan atau hotel bagi para jemaah haji, baik di Mekah maupun di Madinah. Serta melakukan pengecekan dapur umum untuk memastikan persediaan makanan jemaah Indonesia tercukupi.

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

"Kenyataannya sesuai harapan, kita bisa beri jaminan seluruhnya hotel setara bintang tiga, katering juga baik," kata Lukman Hakim Saifuddin di Ruang tunggu VVIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, 2 Juli 2016.

Lukman menambahkan, kendaraan bus yang mengangkut para jemaah dari tempat pemondokan ke Masjidil Haram sudah dipastikan aman dan tidak ada hambatan.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

"Saya ikut melakukan simulasi bagaimana operasi dari bus shalawat secara nonstop 24 jam bekerja memfasilitasi jemaah kita yang (jarak) hotelnya radius lebih 1,5 kilometer," kata dia.

Selain itu, Lukman memastikan jadwal keberangkatan dari dua maskapai Garuda Indonesia dan Saudi Airlines sudah siap membawa para jemaah haji asal Indonesia. "Sehingga ini memastikan persiapan ini lebih baik," katanya.

Kemudian, untuk jumlah kapasitas jemaah asal Indonesia dipastikan tidak ada perubahan penambahan maupun pengurangan jemaah haji yaitu sebanyak 168.600 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya