Pantau Arus Mudik, Solo Pasang Puluhan CCTV

Pantauan CCTV Jasamarga di Gerbang Tol Manyaran, Semarang, Jawa Tengah
Sumber :
  • PT Jasamarga

VIVA.co.id –- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo memasang sebanyak 42 Closed Circuit Television (CCTV). Puluhan CCTV ini dipasang di tempat-tempat yang berpotensi terjadi kemacetan saat arus mudik ataupun arus balik Lebaran. 

Tolak Jenazah Istri Dimakamkan Prokes COVID-19, Suami Ancam Nakes

Kepala Dinas Perbubungan dan Informatika Kota Solo Yosca Herman Sudrajat mengungkapkan pihaknya telah memasang 42 CCTV. Jumlah tersebut bertambah dibanding tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya, Dishubkominfo memasang 38 CCTV. 

"Ada empat tambahan tempat yang dipasangi CCTV. Di antaranya Tugu Wisnu, Makutho, Sate Sumber dan Jalan Persimpangan Letjen Suprapto Sumber. Dua tempat yang terakhir memang ada di dekat rumah pribadi Pak Presiden Jokowi," kata Yosca, Sabtu, 2 Juli 2016. 

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Diungkapkannya, pemasangan CCTV ini sangat efektif dalam memantau arus mudik. CCTV yang bisa tersambung ke dalam jaringan CCTV Room di Kantor Dishubkominfo ini membantu petugas untuk memetakan daerah mana saja yang membutuhkan pengalihan rambu traffic light ataupun yang membutuhkan rekayasa lalu lintas. 

"Jadi petugas akan memantau pergerakan arus mudik di CCTV Room. Cara ini sangat membantu untuk kelancaran arus mudik. Jika ada antrean panjang kendaraan, maka bisa diintervensi lampu rambu lalulintas. Misalnya dengan mempercepat durasi waktu berhenti saat lampu merah menyala, " tuturnya. 

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Menurut Yosca, pemasangan CCTV untuk arus Lebaran ini memang sudah lama dilakukan Solo. Cara ini sudah dilakukan sejak zaman Joko Widodo masih menjabat sebagai wali kota Solo.

"Dahulu awalnya itu Kota Solo. Kemudian kota-kota besar lainnya mengikuti. Kita dahulu awalnya belajar dari Singapura untuk sistem CCTV room ini. Dan CCTV kita bisa diakses secara online via aplikasi Android Info Lalin Solo dan Solo Destination," kata dia. 

Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy didamping Gibran tinjau rusunawa Solo

Menko Muhadjir Dukung Gibran Robohkan Rusun yang Dibangun Jokowi

Menko PMK mendukung langkah Gibran untuk merobohkan rusunawa yang pernah dibangun Jokowi, apa sebabnya?

img_title
VIVA.co.id
3 September 2021