Terminal Terbesar di Jatim Masih Sepi Pemudik

Suasana sepi penumpang di Terminal Purabaya Surabaya pada Sabtu dini hari, 2 Juli 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Suasana mudik belum terasa di Terminal Purabaya Surabaya, Jawa Timur. Hingga Sabtu dini hari, 2 Juli 2016, terminal utama dan terbesar di Jawa Timur itu masih tampak sepi. Padahal, hari kerja jelang Lebaran sudah berakhir dan libur panjang dimulai.

Kota Surabaya Juara Umum POTRADNAS IX 2023

Berdasarkan pengamatan VIVA.co.id, suasana terminal yang dikenal dengan sebutan Terminal Bungurasih itu masih sepi. Hilir mudik penumpang tampak seperti hari-hari biasa. Sejumlah penumpang terlihat beristirahat, menunggu bus atau mungkin menanti waktu tepat untuk berangkat.

"Anda lihat sendiri, sampai sekarang masih landai-landai. Mungkin warga baru persiapan untuk mudik ke kampung halaman," kata Nugroho, Koordinator Bidang Tata Terminal Purabaya, ditemui di Posko Angkutan Lebaran 2016 pada Sabtu dini hari, 2 Juli 2016.

Pesantren dan Ratusan Rumah Terdampak Banjir di Jember

Dia memperkirakan, lonjakan penumpang mulai akan terasa di Terminal Purabaya pada Minggu, 3 Juli 2016, dan memuncak pada sehari sebelum Lebaran, yakni pada Selasa, 5 Juli 2016.

"Apalagi kami menerima informasi, jadwal kedatangan penumpang kapal dari luar Jawa ke Jawa di Pelabuhan Tanjung Perak, yakni pada tanggal lima. Kemungkinan pada saat malam takbiran akan terjadi desak-desakan penumpang," kata Nugroho.

MUI Jawa Timur Keberatan Miftachul Akhyar Mundur dari Ketua Umum

Data diperoleh menyebutkan, untuk keberangkatan, pemudik yang menumpangi bus di Terminal Purabaya pada Kamis, 1 Juli 2016 (H-6), total sebanyak 43.697 orang. Sedangkan untuk kedatangan sebanyak 34.181 penumpang.

Jumlah itu menurun dari jumlah penumpang H-6 di Lebaran 2015. Waktu itu, pada H-6 jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Purabaya sebanyak 61.354 orang, sedangkan untuk kedatangan sebanyak 35.724 penumpang. "Untuk data penumpang pada hari Jumat belum kami kantongi," kata Nugroho.

Di bagian lain, suasana mudik juga belum terlihat di sepanjang jalan Surabaya-Sidoarjo, jalur utama Surabaya-Yogyakarta. Pantauan VIVA.co.id pada Jumat malam, 1 Juli 2016. Arus lalu lintas dari pintu keluar Surabaya di Bundaran Waru hingga By Pass Krian, Sidoarjo, terbilang lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya