Mudik, Jalan Raya Berpotensi Lebih Lengang Dibanding Tol

Jalan tol Cipularang
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pemerintah memperkirakan bahwa jalan raya non-tol di Pulau Jawa berpotensi lebih lengang dibandingkan jalan tol pada musim mudik Lebaran tahun 2016.

Ada Jalan Tikus Atasi Macet di Tol Brebes-Gringsing

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis H. Sumadilaga mengatakan bahwa Kementerian PUPR telah melakukan penelusuran infrastruktur jalan di seluruh Indonesia untuk memastikan jalan nasional layak dilintasi pemudik.

Penelusuran menghasilkan temuan sampingan bahwa jalan raya non-tol bisa tidak sepadat jalan tol saat masyarakat menempuh perjalanan untuk mudik.

Cara Polda Metro Atasi Kemacetan di Tol saat Mudik

"Kemarin saja, saya menyusuri jalan non-tol. Ternyata kosong. Kebanyakan pengendara mau pakai jalan tol," ujar Danis dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Juli 2016.

Danis mengatakan, penelusuran dilakukan terhadap kurang lebih 700 kilometer jalan sepanjang Pulau Jawa hingga ke Pulau Bali.

Libur Berakhir, Bandara Kualanamu Dipadati 30 Ribu Orang

Danis mengatakan, Kementerian PUPR juga melakukan penelusuran terhadap lebih dari 8.000 kilometer jalan di Pulau Sumatera. Di Sulawesi hingga 700 kilometer jalan juga diperiksa. Panjang jalan yang ditelusuri di Kalimantan juga tak jauh berbeda.

Danis mengatakan bahwa Kementerian PUPR pula memetakan titik-titik rawan longsor untuk dijadikan data pihak kepolisian. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa seluruh jalan yang memang dipersiapkan untuk musim mudik tahun ini sudah dalam kondisi layak tempuh.

"Pada intinya seluruh jalan sudah siap," ujar Danis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya