Mudik Lewat Bekasi, Waspadai Jalur Ini

Jalur alternatif Kalimalang.
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA.co.id - Bagi para pemudik yang bakal melintasi ruas jalan di Kota Bekasi, mungkin tak perlu khawatir dengan kondisi jalan di daerah tersebut. Alasannya, jalan-jalan yang dilalui pemudik sudah cukup layak dan baik.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Namun perlu disampaikan sejumlah titik rawan kemacetan di sejumlah ruas jalan di wilayah yang letaknya berbatasan dengan Ibu kota ini.

Adapun perlintasan arus mudik yang kerap menjadi pilihan pemudik asal DKI Jakarta dan sekitarnya itu, adalah sepanjang jalan arteri Kalimalang Bekasi hingga perempatan lampu merah Mall Metropolitan dan Bekasi Cyber Park. Para pemudik kiranya perlu memerhatikan beberapa ruas titik rawan kemacetan yang ada di jalan tersebut.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang

Berdasarkan pantauan di lapangan, beberapa titik rawan kemacetan sudah mulai dirasakan pada saat memasuki wilayah Kota Bekasi yakni di lokasi Jalan Sumberartha. Kondisi ini karena jalan mengalami penyempitan lantaran proyek pembangunan Tol Becakayu, dan diperkirakan jam rawan kemacetan di lokasi terjadi mulai petang menjelang malam hari.

Sebab kemacetan di ruas jalan ini lainnya adalah adanya persimpangan jalan atau lampu merah. Di antaranya, persimpangan lampu merah Caman, persimpangan Kampung Dua, persimpangan lampu merah Galaxi, persimpangan masuk perumahan Bekasi Satria Kencana (BSK), dan persimpangan masuk Perumahan Perumnas 2, Bekasi.

Fadli Zon Usul Bus Dinas Boleh Angkut Pemudik

Kasatlantas Polresta Bekasi Kota, Kompol Bayu Pratama, mengakui kemacetan di ruas arteri Kalimalang, Jalan KH Noer Alie, sampai perbatasan DKI Jakarta, memang menjadi perhatian institusinya. Terutama di lokasi proyek pembangunan tol Becakayu.

Lebih lanjut, diakui Bayu, kemacetan yang ada diruas jalan itu tak hanya ada dilokasi tersebut. Melainkan, beberapa lokasi persimpangan jalan pun kerap menjadi penyumbang titik rawan kemacetan.

"Untuk langkah dalam mengantisipasi dan mengurai titik rawan kemacetan, akan ada petugas yang bertugas mengatur lalu lintas di tiap-tiap persimpangan atau lokasi rawan kemacetan di jalan tersebut," kata Bayu.

Adapun dari pantauan di ruas jalan lainnya di Kota Bekasi, beberapa titik kemacetan juga bakal dialami para pemudik. Entah bagi yang akan melintasi jalur Utara maupun pemudik yang melintas di ruas Jalan Bantargebang-Narogong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya