Diduga Akibat Petasan, 72 Ruko dan Rumah Ludes Terbakar

Kebakaran ruko dan rumah akibat petasan di Kotawaringin Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Didi Syachwani

VIVA.co.id – Sedikitnya 72 rumah roko di Kompleks Pasar Sangai, Desa Sangai, Kecamatan Telaga Antang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ludes dilalap api. Kebakaran ini terjadi pada Kamis sekitar pukul 14.00 WIB. Dari 72 tempat yang terbakar ini, terdapat 39 ruko dan 33 rumah warga termasuk gedung walet.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Para pedagang tidak sempat menyelamatkan barang dagangan karena si jago merah melahap dengan cepat. Hingga berita ini diturunkan, belum ada korban jiwa yang diketahui dalam kejadian itu. Informasi yang banyak beredar di media sosial, kejadian berasal dari toko penjual petasan yang tiba-tiba meledak. Toko tersebut diketahui tak jauh dari salah satu kios yang menjual bensin.  

Camat Telaga Antang, Sutimin menyebutkan, peristiwa ini menimbulkan kerugian yang begitu besar bagi warganya sebab rata-rata para pedagang di sana baru saja melakukan penyetokan barang keperluan Lebaran yang akan dijual kepada warga yang tinggal di sejumlah perkebunan sawit di daerah tersebut.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

“Warga kami tengah bersiap untuk menyambut Lebaran, barang dagangan baru saja datang. Kerugian material diperkirakan bisa mencapai hingga puluhan miliar rupiah,” kata Sutimin yang dihubungi melalui telepon selulernya.

Namun Sutimin mengaku masih belum mendapat laporan korban jiwa dari musibah ini. Untuk sementara katanya, korban kebakaran terpaksa harus menginap di tempat fasilitas umum milik pemerintah setempat.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Sementara itu, Bupati Kotawaringin Timur, H Supian Hadi menginstruksikan agar semua instansi terkait memberikan pertolongan segera. Dia juga meminta kepada pihak perkebunan yang berinvestasi di daerah itu agar segera memberikan bantuan bagi korban kebakaran.

“Semua instansi terkait sudah saya instruksikan agar langsung memberikan bantuan terhadap korban kebakaran. Saya berharap perusahaan perkebunan sawit yang ada di sekitar juga memberikan bantuan secepatnya," kata Supian Hadi.


Didi Syachwani/tvOne Sampit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya