Perhatikan 'Tri Siap' Ini Sebelum Anda Mudik

Pengendara motor mudik.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Jutaan warga Jakarta akan meninggalkan ibukota untuk pulang ke kampung halamannya pada Lebaran 2016. Gelombang pemudik tentu akan menimbulkan berbagai permasalahan. Karena itu, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik harus mempersiapkan segala sesuatunya dan memanfaatkan fasilitas pendukung mudik yang ditemui dalam perjalanan mudik.

5 Tips Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartonto, selain persiapan agar mudik menjadi nyaman, masyarakat juga harus memiliki 'Tri Siap' dalam perjalanan mudik.

"Harus lakukan Tri Siap. Siap pertama adalah mentaati rambu lalu lintas yang ada, baik itu operator darat dan kereta,” kata Pudji kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis 30 Juni 2016.

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Sementara siap yang kedua adalah siap fisik, baik pemudik maupun operator juga harus memiliki kesiapan ini. Sedangkan siap yang ketiga adalah kesiapan fisik kendaraan agar perjalanan mudik tidak mengalami banyak hambatan.

Mengenai kesiapan tersebut, dirinya mengapresiasi pemerintah yang sudah berusaha mengalihkan pemudik sepeda motor dengan mudik gratis dan kereta pengangkut sepeda motor. Dari data, penyelenggara mudik gratis memang meningkat tajam. 

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

“Kalau dilihat dari sisi biaya saja, tahun lalu 5 miliar dan tahun ini 20 miliar. Jadi ada kenaikan 4 kali lipat," katanya.

Cek 50 CCTV Jalur Mudik di VIVA.co.id

Bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, portal VIVA.co.id memberikan informasi kepada masyarakat secara live melalui CCTV mengenai kondisi lalu lintas jalan-jalan utama di jalur mudik. Mulai di Tol Cikampek, maupun di jalur Pantai Utara (Pantura), jalur tengah, selatan dan jalur barat, yang totalnya ada 50 CCTV.

Akses live CCTV jalur mudik di tautan berikut. Masyarakat juga bisa melihat dengan cara mendownload aplikasi VIVA di Google play. Selain itu, selama arus mudik dan arus balik Lebaran, VIVA.co.id juga akan melakukan interaksi melalui sosial media dengan masyarakat terkait mudik dengan hastags #infomudikVIVA.



 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya