Langkah Ampuh Tekan Jumlah Pencopet di Terminal

Tempat istirahat copet di Terminal Tirtonadi Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Pengelola Terminal Tirtonadi Solo, memiliki cara jitu untuk menekan aksi pencopet selama arus mudik Lebaran. Caranya, dengan mendirikan posko tempat istirahat copet di Terminal Solo. Di posko tersebut, pencopet yang tertangkap akan dipertontonkan bak pajangan.

Aksi Copet di Jalan Juanda Kota Bogor Terekam, Netizen: Gue Pernah Diancam!

Pos istirahat pencopet ditempatkan di sebelah timur gerbang utama yang menjadi titik masuk bus-bus menuju Tirtonadi. Pos tersebut, terdiri dari tenda berwarna putih yang memiliki ukuran 3 x 3 meter yang dilengkapi dengan back drop yang bertuliskan "Tempat Istirahat Copet".

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tirtonadi Solo, Eko Agus Susanto mengatakan, tenda untuk tempat istirahat copet telah didirikan sejak Rabu malam kemarin. Pendirian posko istirahat copet tersebut, bahkan telah dimulai sejak tiga tahun lalu pada saat musim mudik Lebaran.

2 Copet Spesialis KRL Bekasi Dibekuk Polisi, Telah Beraksi Selama 16 Tahun

"Pertama kalinya ide untuk mendirikan posko tempat istirahat copet dari Pak Wali Kota. Saat itu, kami bingung kok suruh dirikan posko seperti itu. Ternyata, posko tersebut digunakan untuk menampilkan copet yang tertangkap di terminal," kata Eko Agus Susanto di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Kamis 30 Juni 2016.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, saat posko tempat istirahat copet belum didirikan, jumlah pencopet yang beraksi dan tertangkap di terminal cukup banyak antara 5 - 15 pencopet. Namun, sejak didirikannya tempat istirahat copet, jumlah kini berangsur-angsur mengalami penurunan.

Berapa Durasi yang Aman untuk Berkendara Saat Mudik?

"Dahulu tahun 2014, saat pertama berdiri yang ditangkap satu copet. Terus arus Lebaran 2015 lalu, malah zero copet. Dengan adanya tenda seperti ini, pastinya copet sudah takut, karena kalau tertangkap akan dipajang dan disuruh berdiri minimal lima jam di tenda itu. Setelah itu, diserahkan ke polisi," ujarnya.

Meskipun pencopet yang tertangkap disuruh berdiri berjam-jam, namun menurut Eko, pihaknya tetap menyediakan bangku di tenda tersebut. Bangku tersebut diperuntukkan bagi penumpang maupun masyarakat umum yang akan berfoto selfi dengan latar belakang posko tempat istirahat copet.

"Malah sekarang banyak yang minta selfi di tempat istirahat copet ini. Untuk itu, kami sediakan bangku,” katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya