Mudik 2016, Dirjen Perhubungan Darat Berharap Zero Accident

Pemudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto, mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap menghadapi mudik Lebaran 2016.

Kemenhub: Mudik Tahun Ini Relatif Baik

"Kesiapan armada, kesiapan sarana dan prasarana seperti terminal, bandara, pelabuhan sudah dicek oleh Pak Menteri (Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan) dan sudah siap beroperasi," kata Pudji di Mapolda Metro Jaya, Kamis 30 Juni 2016.

Dengan pemeriksaan secara keseluruhan, dia berharap, akan menciptakan zero accident. Menurut dia, untuk mencapai zero accident, Kemenhub telah bersinergi dengan kementerian terkait serta mitra.

Fadli Zon Usul Bus Dinas Boleh Angkut Pemudik

Dia menambahkan, target zero accident itu untuk angkutan umum dan kendaraan pribadi. Untuk mencapai itu, masyarakat, dalam hal ini pemudik dan pengemudi, mesti mematuhi peraturan.

"Sebenarnya, intinya hanya itu saja, termasuk operator di transportasi laut, udara, dan darat. Operatornya harus melakukan itu (mematuhi peraturan)," katanya.

Macet Mudik Lebaran 2016, Mabes Polri Minta Maaf

Bahkan, menurut dia, Kemenhub sudah mengecek langsung armada bus yang akan dipakai dalam mudik Lebaran. Pengecekan dilakukan dengan berpura-pura menjadi penumpang.

Ada beberapa hasil yang diperoleh dari pengecekan itu. Di antaranya, bus sudah memasang stiker laik jalan, sopir mengemudikan bus dengan baik dan taat rambu lalu lintas. Namun, sopir itu tidak memakai sabuk keselamatan.

Aktivitas di Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara.

Libur Berakhir, Bandara Kualanamu Dipadati 30 Ribu Orang

Diprediksi kepadatan puncak libur terjadi malam ini

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2016