Status Waspada, Asap Tebal Bromo Jadi Daya Tarik

Ilustrasi wisatawan yang mengunjungi Gunung Bromo
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Kawah Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, mengeluarkan asap tebal. Seringkali asap ini disertai abu vulkanik tipis hingga ke permukaan kawasan di sekitar gunung.

Ngakak, Bocah Nangis Kejer tak Bertemu Teletubbies di Bromo

Kondisi ini menandakan adanya aktivitas vulkanik tinggi yang sedang terjadi pada gunung tersebut. Saat ini, status Bromo ada pada level II atau waspada. Badan Nasional Penanggulangan Bencana memperkirakan kondisi ini masih akan berlangsung lama.

Meski terjadi aktivitas vulkanik, tapi pariwisata Gunung Bromo tetap dibuka untuk umum, karena kondisi ini masih aman bagi wisatawan.

Penampakan Macet 'Horor' di Bromo Saat Libur Natal, Dipenuhi Mobil dan Motor

"Kecuali di dalam radius 1 kilometer dari puncak kawah. Masyarakat tidak perlu takut atau khawatir dengan kondisi aktivitas vulkanik Gunung Bromo saat ini," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Rabu, 29 Juni 2016.

Menurut Sutopo, erupsi kecil di Bromo ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan gunung itu. "Justru adanya erupsi kecil menjadikan wisata yang menarik untuk masyarakat memahami gunung api," ucap Sutopo.

TNI AU Prioritaskan Angkut Beberapa Perangkat Penting Pesawat Super Tucano

Dari Pos Pengamatan Gunung Bromo Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, gunung ini mengeluarkan suara gemuruh, dan semburan asap dengan ketinggian 200-1.000 meter dari puncak kawah, ke arah barat-selatan.

Kondisi ini membuat masyarakat dilarang melakukan aktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah.

Lautan pasir Gunung Bromo di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Heboh Banjir di Lautan Pasir Bromo, Ini Penjelasan TNBTS

Kawasan wisata lautan pasir di Gunung Bromo, di Jawa Timur, dilanda banjir akibat hujan deras pada Selasa kemarin. Video suasana banjir di lokasi favorit wisata, menyebar

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2024