Arus Mudik, Penjinak Bom Disiagakan di Terminal Bus

Ilustrasi/Personel gegana bawa robot penjinak bom
Sumber :
  • Antara/ Muhamad Nasrun

VIVA.co.id – Kepolisian Daerah Jambi menempatkan personel penjinak bom di sejumlah terminal bus di daerah itu. Langkah ini untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik selama libur lebaran 2016.

5 Cara Bikin Mobil Nyaman Walau Kondisi Jalanan Macet saat Mudik Lebaran

Salah satunya di Terminal Bus Alam Barajo Kota Jambi. Dengan adanya tim penjinak bom, seluruh penumpang yang hendak berangkat harus menjalani pemeriksaan barang terlebih dahulu.

"Ini untuk memberikan kenyamanan para penumpang. Jadi memang seluruh bus dan penumpang menjalani pemeriksaan terlebih dahulu," kata Kepala Detasemen Brimob Polda Jambi AKBP Beridiansyah, Selasa 28 Juni 2016. Dijadwalkan penempatan seluruh personel penjinak bom ini akan dilakukan hingga arus mudik lebaran selesai.

Tips Mudik Anti Loyo Saat Puasa di Tol, Simak Rahasianya!

Bagikan motor trail

Sementara itu, masih berkaitan dengan kesiapan arus mudik lebaran 2016. Korps Lalu Lintas Polri tahun ini memberikan ratusan kendaraan motor trail ke empat Polda di Indonesia untuk operasional pengamanan mudik lebaran 2016.

Siap-Siap Kepadatan Arus Balik, Ini Tips Perjalanan Nyaman Bagi Ibu Hamil

"Untuk Polda Jawa Barat 50 unit, Polda Jawa Timur 40 unit, Polda Banten 20 unit, dan Polda Jawa Tengah 50 unit," kata Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto di NTMC Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Juni 2016.

Agung menuturkan, kendaraan roda dua itu digunakan untuk mengurai titik kemacetan pada saat arus mudik dan arus balik  lebaran Idul Fitri 1473 Hijriah. Agar operasi Ramadniya pada tahun ini berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Ia berharap, setiap Polda yang menerima kendaraan operasional pengamanan mudik lebaran Idul Fitri dapat dirawat dengan sebaik-baiknya. Hal ini bertujuan agar setiap Polda tidak meminta jatah kendaraan operasional setiap tahunnya. "Jadi dipelihara (kendaraan itu) sehingga bisa digunakan untuk melayani masyarakat," ujarnya.

Nantinya pembagian kendaraan operasional pengamanan mudik lebaran ke Polda lain seperti halnya Gorontalo, Papua Barat, dan Maluku Utara. "Tapi tahun ini kami utamakan polda di Jawa," katanya.

Bayu Alfarizi/Jambi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya