Pengemis Jambi Lem Mata agar Tampak Buta

Ilustrasi/Pengemis
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Ada-ada saja ulah pengemis untuk meraup rupiah di bulan Ramadan. Agar tampil dramatis, pengemis rela membahayakan diri. Seperti yang dilakukan seorang pengemis di Jambi, yang rela memalsukan kebutaan dengan membubuhkan lem pada kedua matanya. 

Pengemis Ini Bawa Uang Rp28 Juta Keliling Jakarta

Modus pengemis nakal ini diungkap Dinas Sosial Kota Jambi, saat melakukan penertiban terhadap gelandangan dan pengemis. Sebab, menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah, keberadaan pengemis jadi meresahkan.

"Banyak modus yang dilakukan pengemis agar bisa memantik rasa kasihan dari masyarakat. Ada yang sengaja kasih lem di bola matanya, seperti buta," kata Kepala Seksi Rehabilitasi Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Jambi, Ani di kantornya, Senin, 27 Juni 2016.

Pendapatan Fantastis Pengemis Modus Jalan Mengesot

Menurut Ani, setelah menangkap sejumlah pengemis dan gelandangan di kota Jambi, Dinas Sosial langsung mendata identitas mereka. Apabila ditemukan ada yang berasal dari luar kota, mereka akan dikembalikan ke daerah asalnya.

Menurut data Dinas Sosial, pengemis yang beroperasi di Kota Jambi mendapatkan penghasilan sekitar Rp300-400 ribu per hari. Hal ini lantaran banyak masyarakat yang memberikan uang, walaupun ada peraturan daerah yang melarang pemberian uang kepada pengemis.

3,5 Jam Mengemis, Kakek Iskandar Dapat Rp521 Ribu
Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) (foto jakarta.go.id)

Pemprov DKI: Pendatang Baru Jangan Jadi PMKS Jalanan

Sebelum ke Jakarta, mereka harus memastikan punya keahlian.

img_title
VIVA.co.id
10 Juni 2018