Kapolri Era Gus Dur: Junior Pimpin Senior Sudah Biasa

Calon Kapolri Komjen Tito Karnavian
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Kapolri era Presiden Abdurrahman Wahid, Jenderal (Purn) Suroyo Bimantoro ikut angkat bicara mengenai kondisi Korps Bhayangkara saat ini. Menurutnya, Polri sangat patuh terhadap pimpinan, meskipun dipimpin oleh junior sekali pun.

Jenderal Tito: Kelompok Santoso Semakin Melemah

"Kami itu sekolah dari dulu, mulai dari Akabri segala macam itu, kami sudah ditanamkan nilai-nilai kepatuhan kepada atasan, nilai-nilai disiplin," kata Bimantoro dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Senin 27 Juni 2016.

Bimantoro mengatakan, aturan yang ada di instisui TNI-Polri tunduk dan taat pada pimpinan. Dengan demikian, tidak ada masalah dengan situasi yang terjadi sekarang, yaitu dicalonkannya Komjen Tito Karnavian sebagai Kapolri.
 
"Jadi, saya yakin dia bisa, dia mampu, karena anggota-anggota kami sudah biasa seperti itu. Kalau enggak, kalau tanpa disiplin itu, sudah bubar organisaisi kami, sudah bubar TNI, begitu juga Polri," ujar Bimantoro.

Alasan Tito Karnavian Pilih Suhardi Jadi Bos Pembasmi Teror

Bimantoro menuturkan, di dalam institusi Polri, sudah biasa junior angkatan memimpin angkatan yang lebih senior. Bahkan, senior dilihat dari jabatan dan kepangkatan, bukan usia, atau angkatan.

"Tito dan bintang-bintang yang lain itu sama bintangnya, jadi dari segi kepangkatan, sama itu tidak ada senioritas," lanjut dia.

Ketua KPK Yakin Jenderal Tito Bisa Sinergi Berantas Korupsi

Dari aspek jabatan, Bimantoro menilai, Tito justru lebih senior. Alasannya, ia merupakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Suatu badan yang langsung bertanggung jawab pada Presiden.

"Karena itu, pelantikannya di Istana Negara oleh Presiden. Yang dilantik di Istana kan menteri, Kepala BIN (Badan Intelijen Negara), dan segala macam itu. Kapolri, Wakapolri, Irwasum, dan lain-lain yang melantik kan Kapolri saja. Berarti dari aspek jabatan, Tito itu senior, jadi leting senior itu belakangan, jadi tidak ada masalah," katanya. (asp)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI.

Tito Karnavian: Istri Kedua Santoso Ditangkap di Pegunungan

Saat ini Delima masih diperiksa tim gabungan.

img_title
VIVA.co.id
23 Juli 2016