Jalur Alternatif di Sumatera Masih Ada yang Rusak Parah

Pengendara sepeda motor.
Sumber :
  • REUTERS/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA.co.id – Jalur alternatif pengguna kendaraan dari Kota Lubuk Linggau menuju Provinsi Jambi dan Sumatera Barat rusak parah. Kondisi ini dikhawatirkan akan membuat celaka dan kemacetan bagi para pemudik yang akan menggunakan ruas jalan ini saat libur Lebaran 2016.

Gerbang Tol Pertama Bengkulu-Sumatera Selatan Selesai Dibangun

Dari pantauan, kerusakan ruas jalan di wilayah Desa Siring Agung ini mencapai lebih dari satu kilometer. Lubang jalan terlihat menganga di kiri dan kanan jalan. "Padahal ini jalur satu-satunya menuju Jambi dan Sumatera Barat serta kota lain," kata seorang pengendara, Redi, Senin, 27 Juni 2016.

Saat ini di Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan, diterapkan kebijakan agar arus mudik tahun ini dialihkan ke ruas jalan alternatif. Namun, melihat kondisi ini, maka bisa dikhawatirkan bagi keselamatan pemudik.

Jalan Longsor, Pemkab Tangerang Bangun Jalur Alternatif

"Di jalan ini juga tidak ada lampu penerangan kalau malam hari, sehingga kerap terjadi kecelakaan," kata Redi.

Penembak Jitu Bersiaga
Sementara itu, di jalur mudik Provinsi Jambi, kepolisian setempat mulai menempatkan sejumlah penembak jitu di ruas jalan untuk pengamanan arus mudik Lebaran di daerah itu.

Pembangunan MRT Fase 2 Akan Dimulai, Berikut Tahapannya

"Mereka akan berpatroli di daerah rawan kejahatan mulai dari batas Sumatera Selatan hingga ke arah Sumatera Barat," kata Wakasat Ops Polres Merangin AKP Sinaga. Penempatan sejumlah penembak jitu tersebut dijadwalkan akan bertugas hingga H+6 setelah Lebaran.

Sejauh ini, di Provinsi Jambi, perbaikan kondisi jalan untuk arus mudik secara keseluruhan sudah hampir rampung. Saat ini, sebagian jalur sudah memasuki tahap untuk pengaspalan, sehingga bisa digunakan pada H-7 menjelang libur Lebaran 2016.

Bayu Alfarizi/Arwin ZA

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya