Satu Tahun BNN Ungkap 1.015 Kasus Narkoba

Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Budi Waseso mengungkapkan pencapaian pihaknya dalam upaya penanggulangan Narkoba baik dalam bidang pengurangan permintaan (demand) dan pengurangan pasokan (supply).

Tour Guide Asal Bali Ditangkap Usai Terlibat Penyelundupan Kokain Jaringan Spanyol

Dalam hal pengurangan demand melalui pencegahan, BNN telah melakukan upaya peningkatan ekstensifikasi dan intensifikasi komunikasi, informasi dan edukasi penyalahgunaan Narkoba ke seluruh Indonesia. Dalam hal ini, BNN menggunakan sarana media massa dan sosialisasi langsung.

"Dalam bidang pemberdayaan masyarakat, BNN juga telah membentuk satgas anti Narkoba di seluruh daerah di Indonesia dengan total 19.854 orang yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, swasta, instansi pemerintah dan masyarakat," kata Buwas, di Jalan Cengkeh, Tamansari, Jakarta Barat, pada Minggu 26 Juni 2016.

Belajar Kasus Teddy Minahasa, Brigjen Mukti Libatkan Propam Pelototi Barbuk Narkoba

Menurut dia, langkah masif ini merupakan sebuah strategi jitu dalam menciptakan "people power" melawan jaringan Narkoba. Selain itu untuk mendeteksi dini penyalahgunaan Narkoba di lingkungan pendidikan dan lingkungan kerja, BNN juga telah melakukan tes urine terhadap 186.533 orang.

"Di mana teridentifikasi positif sebanyak 1.176 orang atau 0,63%," ujar Buwas.

AKBP Dody Konsisten Sebut Teddy Minahasa Aktor Intelektual Kasus Sabu

Sedangkan dalam konteks pengurangan supply melalui pemberantasan, dalam kurun waktu 2015 sampai dengan Juni 2016, telah terungkap sebanyak 1.015 kasus dari 72 jaringan sindikat Narkoba. "Dengan tersangka sejumlah 1.681 orang," kata Buwas.
 

Senyum tersangka narkoba saat polisi ungkap barang bukti

Senyum Tersangka Narkoba saat Polisi Ungkap Barang Bukti, Warganet Curiga Ada yang tak Beres

Ekspresi senyum tersangka narkoba saat dihadirkan dalam konferensi pers viral dan jadi sorotan warganet di media sosial sejak Rabu, 20 September 2023

img_title
VIVA.co.id
24 September 2023