Pasar Uang Paling Kena Dampak Brexit

Bendera Inggris.
Sumber :
  • REUTERS/Reinhard Krause

VIVA.co.id – Hasil jajak pendapat atau referendum yang menghasilkan keputusan keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit ternyata dinilai menimbulkan gejolak di berbagai negara.

Jelang COP26, Dubes Inggris Ingatkan Perubahan Iklim Itu Nyata

Imbas ini dirasakan bagi negara-negara di Eropa bahkan dunia yang dinilai akan akan menggoyahkan pasar uang. 

Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan Sekretariat Wakil Presiden, Dewi Fortuna Anwar mengatakan bahwa Imbas dari Brexit adalah ke pasar uang terutama untuk Inggris sendiri.

Indonesia Didepak dari All England, Owen: Aturan Itu Adil

"Yang paling shock adalah pasar uang, karena banyak spekulasi Brexit akan kalah, tapi ternyata tidak, jadi kalau yang financial itu pasti akan guncang, sebab secara ekonomi pun situasi global belum tercover dengan baik," kata Dewi Fortuna usai diskusi di Jakarta, Sabtu 25 Juni 2016. 

Dewi yang juga merupakan pengamat masalah Luar Negeri ini menilai Brexit terjadi akibat adanya sentimen politis yang sudah sejak lama ada di negara Inggris. Menurutnya setiap pihak pun kaget dengan adanya keputusan Brexit. 

Ternyata, Dubes Inggris untuk Indonesia yang Baru Suka Makan Gorengan

"Karena membaca polling terakhir memang sangat tipis, mirip dengan election (pemilu), tetapi pada umunya para intelektual dan rasionalitas yang menang," kata dia. 

Dewi menjelaskan, Kota London saat ini berpeluang untuk tidak lagi menjadi tempat yang kompetitif. Hal ini akibat hubungan multilateralnya dengan Uni Eropa yang mulai sedikit ada jarak. "Sekarang dengan adanya Brexit, London bisa saja tidak lagi menjadi tempat yang kompetitif," tuturnya.

    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya