Kapal dan ABK yang Lolos dari Abu Sayyaf Tiba di Balikpapan

Kapal Tugboat Charles 001 dikawal KRI Sidat.
Sumber :
  • Iqbal Abdullah - Balikpapan

VIVA.co.id – Setelah menempuh perjalanan panjang dari Perairan Filipina Selatan, akhirnya enam awak beserta Kapal Tugboat Charles 001, tiba di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Berhasil Lolos dari Abu Sayyaf, Ini Kondisi 6 ABK TB Charles

Tugboat Charles 001 tiba pukul 09.10 Wita, Sabtu, 25 Juni 2016, dengan dikawal dua kapal perang milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) AL, dan kapal patroli milik Mabes Polri.

Tugboat dengan enam awak itu berhasil lolos dari pembajakan, penculikan dan penyanderaan kelompok militan bersenjata Abu Sayyaf di Filipina bagian selatan. Mereka ditemukan KRI Kerapu dan KRI Sidat di sekitar Perairan Tanjung Mangkaliat, sekitar wilayah Sulawesi.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

"Setelah mendapatkan laporan kapal itu hilang, kita lakukan pencarian dan akhirnya kapal ditemukan," kata Komandan KRI Kerapu, Mayor Laut Setiabudi.

Enam dari 13 awak Tugboat Charles 001 ditemukan dalam kondisi selamat dan sehat. Setiba di Balikpapan, enam Anak Buah Kapal (ABK) akan menjalani pemeriksaan kesehatan, untuk selanjutnya dimintai keterangan seputar penyanderaan terhadap tujuh rekan mereka.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Laporan Iqbal Abdullah dari Balikpapan

(ren)

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto.

Wiranto: Dua WNI Sandera Abu Sayyaf Telah Lolos

"Kita harap perkembangannya lebih baik."

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2016