Lima Lembaga Dapat Anugerah Nawacita Legislasi

Menteri Yasonna Laoly berikan anugerah Nawacita Legislasi
Sumber :
  • Danar Dono/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Ditjen PP), memberikan anugerah Nawacita Legislasi tahun 2016, kepada lembaga dan kementerian yang dinilai memiliki peraturan sesuai Pancasila dan Undang Undang Dasar.

Peringatan Hari Musik Nasional: DJKI Dukung Kesejahteraan Musisi

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly, mengungkapkan Anugerah Nawacita Legislasi ini diberikan pada lembaga dan kementerian yang dinilai sesuai berdasarkan beberapa poin tertentu.

"Penilaiannya, peraturan menteri atau lembaga harus sejalan dengan Pancasila dan nawacita. Perancangan peraturan perundang-undangan ini tentunya melalui proses panjang," ujar Yasonna di Hotel Mercure Ancol, Jumat, 24 Juni 2016.

Menkumham Terima Penghargaan dari Pemerintah Filipina

Yasonna juga menegaskan, proses penilaian pada para penerima anugerah ini berjalan objektif. Kegiatan ini juga menjadi bentuk apresiasi Kemenkumham, pada lembaga/ kementerian yang berhasil merumuskan sebuah peraturan yang mewakili semangat Nawacita dan Pancasila.

"Objektivitasnya jelas. Ini adalah apresiasi bagi lembaga dan kementerian, dan pemerintah tingkat provinsi, dan kabupaten kota," kata Yasonna.

Yasonna Sebut Revisi Aturan Remisi Koruptor Sesuai Putusan MA

Lima lembaga/kementerian yang dianugerahi Nawacita Legislasi adalah Kementerian Perindustrian, Badan Sar Nasional (Basarnas), Kementerian Agraria, Lembaga Arsip Nasional, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Plt. Dirjen KI) Razilu.

DJKI: Indonesia Miliki Potensi Tinggi Transaksi Kopi dan Rempah-rempah

Plt. Dirjen KI) Razilu, terdapat 111 indikasi geografis yang telah terdaftar di DJKI. Dari angka tersebut, 71 di antaranya adalah produk kopi yang memiliki potensi.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022