Haji Pintar, Aplikasi Bagi Jemaah Agar Tak Tersesat

Jemaah haji di Tanah Suci
Sumber :
  • VIVAnews/Umi Kalsum

VIVA.co.id – Prosesi pengundian pemondokan jemaah haji  2016 resmi dimulai sore ini. Pengundian dilakukan kepada total 52 maktab atau tempat haji yang akan diberangkatkan tahun ini. Proses pengundian ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Kemenag Dorong Gerakan Memasyarakatkan Manasik

Setelah memukul gong, Menteri Agama secara resmi memulai dengan memencet tombol pengundian. Spontan, layar menampilkan proses pengundian pemondokan masing masing maktab secara acak atau random.

Dalam acara tersebut, Kementerian Agama juga meluncurkan aplikasi khusus haji bernama "Haji Pintar" yang dapat digunakan para jemaah haji. Aplikasi ini dapat diunduh di google playstore.

Arab Saudi Siapkan Gelang Elektronik Demi Keselamatan Jemaah

"Saya tegaskan kepada para kakanwil se-Indonesia agar dapat memahami betul jobdesknya, dan juga harus bisa mengoperasikan aplikasi haji pintar, karena saudara saudara sumber informasi utama bagi para calon jamaah di provinsi masing masing," ujar Lukman

Kehadiran aplikasi haji pintar itu, diharapkan dapat memudahkan para jemaah haji dalam beraktivitas di tanah suci. Aplikasi tersebut dapat menunjukan lokasi hotel, kamar, dan dalam waktu tertentu dapat membantu mencari lokasi jemaah dan petugas penyelenggara di lapangan, hingga jemaah tak akan tersesat.

Petugas Haji Diharapkan Pahami Karakter Jemaah

(ren)

Jelang keberangkatan Jemaah haji  2016 kloter pertama Embarkasi Makassar

Twitter untuk Layanan Ibadah Haji

Berisi informasi kegiatan bimbingan ibadah selama di Mekah.

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2016