Kera Hitam Endemik Sulawesi Ini Diselamatkan dari Ternate

Macaca Nigra atau Kera hitam endemik asal Sulawesi. Kera ini semakin langka lantaran aktivitas perburuan dan hilangnya habitat
Sumber :
  • VIVA.co.id/philip-stade.de

VIVA.co.id – Seekor kera hitam endemik Sulawesi (Macaca Nigra) diselamatkan dari rumah warga di Ternate Maluku Utara. Hewan langka berusia tiga tahun ini ditemukan oleh seorang warga negara Belanda dalam keadaan terikat.

Profil Audrey Vanessa Susilo, Pemenang Miss Indonesia 2022

Simon, aktivis perlindungan satwa Sulawesi utara menyebutkan, pengembalian Macaca Nigra ke Sulawesi itu memang berkat bantuan warga Belanda, yang terharu dengan kondisinya. Bahkan, warga asing tersebut rela menanggung seluruh biaya pengiriman Macaca Nigra dari Ternate ke Sulawesi Utara.

"Akhirnya hewan itu dibawa dari Ternate dengan pesawat dan tiba tadi pagi di Bandara Sam Ratulangi Manado,” kata Simon, Rabu, 22 Juni 2016.

Audrey Vanessa Raih Gelar Miss Indonesia 2022, dari Sulawesi Utara

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi utara Sodiono mengapresiasi bantuan warga Belanda tersebut. Ia berharap upaya itu bisa mendorong warga lain untuk membantu ketika menemukan hal serupa. "Orang asing saja peduli, bagaimana dengan kita?" kata Sodiono.

Sejauh ini, total kera hitam yang sudah diamankan BKSDA mencapai 52 ekor. Jenisnya beragam, mulai dari Macaca Nigrisen sebanyak 12 ekor, Macaca Tongkena tiga ekor, Macaca Maura delapan ekor dan Macaca Nigra 10 ekor.

Minggu Pagi, Sulut dan Aceh Diguncang Gempa

Menurut Sodiono, di Maluku Utara memang ada populasi Macaca yakni di daerah Sibela Halmahera Selatan. Perkiraan populasi mencapai 2 ribuan ekor. "(Tapi) Macaca, nenek moyangnya memang ada di Sulawesi Utara,” ujarnya.

Ilustrasi garis polisi

Detik-detik Aning Tega Mutilasi Ponakan Demi Curi Perhiasan Emas Korban

Korban berinisial TAM 8 tahun dimutilasi tantenya sendiri hanya untuk perhiasan emas kalung. Modus pelaku mengajak korban ke kebun untuk ambil sayuran kemudian dieksekusi

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2024