Nunung, Anggota Santoso di Poso Ini Piawai Menghapus Jejak

Ilustrasi/Korban tewas usai baku tembak dengan kelompok Santoso di Poso.
Sumber :
  • ANTARA/Fiqman Sunandar

VIVA.co.id – Seorang pria anggota kelompok bersenjata pimpinan Santoso alias Abu Wardah, tertangkap di Dusun Tamanjeka Desa Masani Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kamis 16 Juni 2016.

Satgas Madago Raya Tak Kendor dalam Perburuan Sisa Pengikut Ali Kalora

Dari pemeriksaan, pria ini diketahui bernama Samil alias Nunung. Ia telah aktif bergabung di kelompok Mujahidin Indonesia Timur terhitung sudah sejak tiga tahun.

Peran Samil alias Nunung di kelompok Santoso terbilang penting. Sebab, ia menjadi orang terakhir yang bertugas menjadi penghapus jejak setiap pergerakan kelompok Santoso di Poso.

13 Prajurit TNI Pemburu Jaringan Teroris Poso Naik Pangkat Luar Biasa

“Di dalam gerakan di lapangan (di hutan) yang bersangkutan bertugas sebagai tim penutup. Tim penutup ini tugasnya adalah membersihkan jejak atau menghapus jejak, atau menyesatkan jejak jika ada tim pengejar,” kata Kepala Bidang Hubungan masyarakat Polda Sulawesi Tengah Hari Suprapto, Selasa 21 Juni 2016.

Setiap beraksi, Samil alias Nunung, bekerja dalam satu tim yang terdiri antara empat hingga sepuluh orang. Mereka baru bertugas jika ada pertemuan yang dilakukan Santoso kepada pengikutnya.

Perburuan Sisa Kelompok MIT Poso Pengikut Ali Kalora Diperpanjang Lagi

Sejauh ini, pria pemilik nama lengkap Muhammad Unur Paisi alias Samil alias Nunung ini masih ditahan di Mapolres Poso. Pemeriksaan dan penyidikan terhadapnya masih terus dilakukan oleh kepolisian.

Aldrim Thalara/Sulawesi Tengah

Jasad seorang yang termasuk daftar pencarian orang (DPO) terduga teroris anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, Ahmad Panjang alias Ahmad Gazali, tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Palu, Selasa, 4 Januari 2022.

Ahmad Panjang Teroris MIT Poso Tewas Tanpa Kontak Tembak

Tak ada kontak tembak saat penyergapan oleh Satuan Tugas (Satgas) Madago Raya terhadap Ahmad Panjang alias Ahmad Gazali, salah satu DPO kelompok MIT Poso.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2022