Mantan Ajudan JK Disebut-sebut Calon Wakapolri

Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id – Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Syafruddin disebut-sebut sebagai calon Wakapolri baru yang akan mendampingi Kapolri pengganti Jenderal Polisi Badrodin Haiti. Syafruddin adalah alumi Akademi Kepolisian (Akpol) 1985 yang juga merupakan salah satu senior dari calon Kapolri Tito Karnavian.

Kemenkeu Sebut Anggaran Penanggulangan Teroris Mencukupi

"Mungkin Syafruddin sudah cocok," kata mantan Anggota Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Pengamat Kepolisian, Adrianus Meliala kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa, 21 Juni 2016.

Adrianus menjelaskan, Perwira Tinggi (Pati) Polri angkatan 1985 sudah tepat menduduki jabatan tersebut, karena perwira pada angkatan itu yang saat ini menempati banyak posisi pimpinan di Korps Bhayangkara. Posisi wakapolri dinilai representatif untuk angkatan ini.

Polri Ingin Seperti KPK, Anggaran Usut Kasus Tak Dibatasi

"Menurut saya perlu diberikan tempat agar tidak sakit hati. Kalau untuk angkatan 84 dan angkatan 83 sudah legawa dan sudah lama lagi selesai (pensiun)," kata Adrianus.

Komjen Polisi Syafruddin adalah pria kelahiran Ujung Pandang, Sulawesi Selatan 14 April 1961. Syafruddin merupakan ajudan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla pada tahun 2004.

Kapolri Curhat Anggaran Rp7 Juta untuk Tangani Satu Kasus

Dia juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara pada tahun 2009, Kapolda Kalimantan Selatan tahun 2010, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri pada tahun 2012 dan saat ini sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol). (ase)

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono

Polri Ajukan Tambahan Anggaran Rp19 Triliun untuk 2021

Anggaran Polri akan diprioritas untuk lima program.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2020