Tiga Terminal Utama Jakarta Siap Ladeni Pemudik

Suasana di salah satu terminal bus di Jakarta / Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan kesiapan tiga terminal besar yang akan melayani pemudik pada musim Lebaran tahun ini. 

Larangan Mudik, Dishub Kota Tangerang Cek Penumpang di Terminal Poris

Tiga terminal, yakni Kampung Rambutan yang melayani rute Jawa Barat, Kalideres untuk Banten dan Sumatera, dan Pulo Gebang bagi rute Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kami sudah persiapkan mudik jauh-jauh hari. Tahun ini jauh lebih siap dari tahun kemarin. Jauh lebih awal persiapannya, termasuk juga penyediaan terminal, seperti Terminal Pulogebang sudah diujicoba operasionalnya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, di Balaikota DKI, Jakarta, Senin, 20 Juni 2016.

Pengetatan Mudik, Penumpang Bus di Lebak Bulus Wajib Tes Antigen

Tidak hanya terminal, kata Djarot, kesiapan dari segi armada juga dipastikan dengan  pemeriksaan seluruh bus-bus AKAP di tiga terminal utama tersebut. 

Hal itu dilakukan dengan tujuan memberikan keselamatan dan kenyamanan bagi warga Jakarta yang akan mudik ke kampung halaman. 

Pemudik jadi Sasaran Swab Antigen di Terminal Kampung Jokowi

"Bukan hanya siap untuk terminalnya, tapi kita sudah perintahkan juga siap untuk memeriksa PO (perusahaan otobus). Termasuk keselamatan kendaraannya. Kendaraannya harus dicek betul, sehingga bisa dipastikan mereka sampai ke tujuan dengan aman," tambahnya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mewajibkan tes urine bagi setiap sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang akan membawa penumpang mudik Lebaran. 

Hal itu untuk memastikan kondisi sopir sehat tidak di bawah pengaruh narkotika dan obat-obatan terlarang. 

"Pasti kami lakukan tes urine. Itu kan untuk mencegah pemakaian narkoba. Itu pasti akan kami lakukan. Itu rutin kami lakukan. Jadi, sopir bus angkutan Lebaran wajib tes urine," ujar Djarot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya