11 Tahanan Polres Aceh Timur Kabur, 12 Napi Dipindah

Petugas Kepolisian Polres Aceh Timur menutup pintu mobil tahanan saat pemindahan tahanan di Mapolres Aceh Timur, Aceh, Minggu (19/6/2016). Sebanyak 11 orang tahanan kabur pada Sabtu (18/6) dengan cara mengergaji jeruji besi.
Sumber :
  • ANTARA/Syifa Yulinnas

VIVA.co.id – Sebanyak 11 tahanan di Polres Aceh Timur melarikan diri, Sabtu, 18 Juni 2016. Akibat ini, belasan tahanan lain pun terpaksa dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Idi Rayeuk. Proses pemindahan ini pun mendapatkan pengawalan ketat dari kepolisian.

Kakanwil Kumham: Tahanan Kabur di LPKA Jambi Karena Tak Dijaga Polisi

Dari pantauan di lapangan, kepolisian setempat masih enggan memberikan alasan proses pemindahan. Namun diyakini untuk menjaga situasi tahanan lain tetap kondusif di Polres Aceh Timur. Berdasarkan informasi yang didapat, dari sebelas tahanan yang melarikan diri, baru satu di antaranya yang berhasil diamankan kembali.

Kepala Lapas Idi Rayeuk Yusnaidi tidak menampik ada pemindahan 12 napi dari Polres Aceh Timur usai larinya 11 tahanan di markas polisi. "Ya sudah dipindahkan untuk sementara, karena ada tahanan kabur," katanya.

Awal Mula Terungkapnya Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur

Dari data terhimpun, sebelas tahanan kabur dari Polres Aceh Timur, dua di antaranya adalah tahanan dalam kasus pembunuhan dan pencabulan. Sementara sembilan lainnya kasus narkoba.

Sebelas tahanan ini melarikan diri pada Sabtu sore, 18 Juni 2016, sekitar pukul 15.30 WIB. Seluruhnya kabur melalui plafon kamar tahanan dengan cara memotong jeruji yang ada di kamar mandi.

Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur dari LPKA Jambi

Setelah itu, seluruh tahanan ini memanjat beton dan lari ke dalam hutan yang berada di belakang Mapolres Aceh Timur. Hingga kini proses pencarian terhadap tahanan yang kabur masih dilakukan oleh tim gabungan Polres Aceh Timur.

Ilham Zulfikar/Aceh Timur

Banjir di Aceh. (Foto ilustrasi).

Ribuan Warga Aceh Timur Mengungsi Akibat Banjir

Intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Aceh Timur, membuat sungai meluap hingga ke pemukiman. Sebelumnya Aceh Utara juga direndam banjir.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2022