Bom Ini Sempat Dijadikan Mainan dan Diletakkan di Rel Kereta

Ilustrasi/Penemuan granat aktif.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Sebuah bom aktif ditemukan seorang warga di belakang rumahnya di Desa Keude Krueng Geukuh Kabupaten Aceh Utara, Selasa dinihari, 14 Juni 2016.

Densus 88 Sita Senjata Api AK47 hingga Bahan Peledak dari Tersangka Teroris

Beruntung tidak terjadi ledakan. Sebab, benda asing yang merupakan bom aktif tersebut, sempat ditendang, dipegang dan kemudian dipindahkan ke dekat jalur rel kereta api.

"Sekitar pukul 03.00 dinihari, tim jihandak memastikan bahwa benda aneh itu adalah bahan peledak aktif," kata Kapolsek Dewantara, AKP Pitriadi.

Jaringan Teroris Ini Sasar Serangan Bom Bunuh Diri Mapolresta Solo

Bom aktif tersebut, akhirnya berhasil dievakuasi sekira pukul 07.00 setelah dibungkus dan kini telah diamankan di markas Detasemen B Pelopor Lhokseumawe.

Pitriadi mengatakan, pihaknya tidak bisa memastikan jenis dari bahan peledak tersebut. Namun ia menduga, bom tersebut merupakan bahan peledak bawah air.

Komplotan Penjual Mercon Ditangkap Polisi Jatim, 231 Kg Bahan Peledak Petasan Disita

"Kita belum bisa memastikan bahan peledak jenis apa, namun diduga jenis ini merupakan bahan peledak bawah air, namun belum jelas."

(mus) 

Situasi di depan Kantor Subdensi Pom Detasemen I Polda Jawa Timur

Ledakan di Markas Brimob Polda Jatim, Irjen Imam Ungkap Penyebabnya

Terjadi ledakan di Kantor Subdensi Pom Detasemen Gegana Satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah Jawa Timur, Surabaya, Senin pada pukul 10.19 WIB.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2024