Satu Terduga Teroris di Surabaya Sempat Kabur Naik Becak

Seorang polisi berjaga di lokasi penangkapan terduga teroris di Surabaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA.co.id - Tim Datasemen Khusus (Densus) Anti-teror 88 dari Markas Besar Kepolisian RI menangkap lagi seorang terduga teroris di Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 9 Juni 2016. Pria berinisial PHP itu ditangkap setelah sempat kabur pada penggerebekan sehari sebelumnya.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Informasi diperoleh menyebutkan, mulanya, pada Rabu pagi, 8 Juni 2016, petugas menangkap PHP di Jalan Kedungdoro, Surabaya. Rumah PHP di Lebak Timur lalu digeledah dan ditemukan beberapa bahan peledak.

Aparat lalu bergerak ke Jalan Kalianak dan membekuk JF, rekan PHP. Polisi mengembangkan lagi lalu meringkus terduga teroris jaringan PHP, FN, di kamar indekosnya di Jalan Setro Timur. Rumah FN di Lebak Agung lalu digeledah dan ditemukan sejumlah bahan peledak. 

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

Malamnya, petugas bergerak lagi ke kawasan Kalianak. Di kawasan Surabaya Utara itu, tim Densus dan Buser kepolisian setempat berhasil menangkap NH, saat mendorong sepeda motor di jalan sempit padat penduduk di Kalianak Timur.

Petugas lalu menggeledah rumah NH. Orang yang ditarget Densus sebenarnya ialah S, orang tua NH. Tapi dia sudah menghilang lebih dulu dan diduga kabur mengecoh petugas dengan cara menumpangi becak. S baru ditangkap di kawasan Kenjeran kemarin.

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Anton Setiadji, mengatakan bahwa Densus masih mendalami kapasitas dan peran S di jaringan teroris Surabaya. "Untuk yang sempat kabur, masih didalami di Mabes Polri," katanya di masjid Polda Jatim, Surabaya, pada Jumat, 10 Juni 2016.

(ren)

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023