Bandung Akan Dirikan Museum Replika Nabi Muhammad

Ilustrasi/Replika pedang Nabi Muhammad SAW
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Ptaloka

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terpilih menjadi salah satu dari 30 lokasi di dunia untuk dijadikan lokasi replika museum Nabi Muhammad yang terletak di Mekkah. Direncanakan, lokasi pembangunannya akan dibangun di kawasan masjid terapung Gedebage, Kota Bandung.

Jusuf Kalla Umrah di Masa Pandemi, Wajib Pakai Masker dan Jaga Jarak

"Alhamdulillah, usulan kami diterima oleh pihak museum Nabi Muhammad di Mekkah," kata Asisten Daerah II Pemprov Jabar Prof Denny Juanda Puradimadja, Selasa 7 Juni 2016.

Denny menjelaskan, kunjungan ke Museum Nabi Muhammad, atau Assalamualaika Ayyuhan Nabi di Mekkah, merupakan tindak lanjut dari surat Keputusan Gubernur dua bulan lalu.

Museum Sejarah Nabi Muhammad Segera Dibangun di Jakarta

Dalam proses pembangunannya, Denny memaparkan, Pemprov Jabar mendapat pengawalan dari pihak Museum di Mekkah. Dengan tujuan, proses pembangunan dan bentuk replika museum Nabi Muhammad nanti akan sesuai ketentuan dan batasan secara akurat. "Nanti, kami akan kerja sama dengan pihak museum," katanya.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menambahkan, rencana pembangunan replika museum tersebut sudah menjadi komitmen Provinsi Jabar. Menurutnya, mereka berkewajiban menyajikan informasi utuh terkait Islam kepada warganya.

JK Bahas Desain Pembangunan Museum Nabi di Saudi

Gubernur yang akrab disapa Aher ini menuturkan, kehadiran replika museum itu akan menjadi salah satu upaya memperkaya pemahaman warga tentang Islam dan Nabi Muhammad. Museum ini, rencananya mampu menyajikan informasi bentuk audio dan visual tentang sejarah alam, Nabi Muhammad dan Islam secara utuh.

"Jika sudah memahami secara utuh, tidak akan ada penyimpangan mainstream yang selama ini mengganggu ketentraman dan kondusifitas," ujarnya. (asp)

Wali Kota Bandung Oded M. Danial

Ungkapan Duka Cita Persib Bandung untuk Oded M Danial

Wali Kota Bandung, Oded M Danial meninggal dunia akibat serangan jantung. Persib Bandung mengucapkan duka cita atas kabar ini.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021