Kivlan Zen Waspadai PKI Baru Mau Kuasai Solo

Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zein (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, Mayjen (Purn) Kivlan Zen, yakin bahwa organisasi komunis bisa hancur. Tetapi, sebagai ideologi, komunisme tidak pernah bisa hilang.

Cek Fakta: Video PKI Dukung Anies

Bahkan para pendukung komunis saat ini telah membentuk struktur partai dari tingkat pusat hingga tingkat desa. Dia menyebut Wahyu Setiaji sebagai orang yang menjadi pemimpin partai komunis Indonesia gaya baru. 

"Itu semua dipimpin oleh Wahyu Setiaji, yang merupakan hasil Kongres di Grabag, Magelang," kata dia di Solo, Minggu, 5 Juni 2016.

Keturunan PKI Boleh Masuk TNI, Begini Penjelasan Jenderal Andika Perkasa

Menurutnya, di Solo, kebangkitan PKI sudah mulai menunjukkan tanda-tanda, seperti halnya menggelar rapat-rapat yang dihadiri oleh kader di sejumlah daerah di sekitar Solo.

“Mereka sudah membentuk struktur organisasi kepartaian komunis di Solo," ungkap dia.

Mahfud MD Tegaskan Presiden Jokowi Tidak Pernah Meminta Maaf ke PKI

Bahkan, Kivlan mengatakan para kader partai tersebut sudah siap bergerak untuk suatu ketika akan menguasai wilayah Solo.

"Karena sejak 1948 Solo itu menjadi basis PKI sampai dengan tahun 1965. Mereka diam-diam sudah membentuk strukturnya dan mereka menyampaikan militer tidak boleh tampil lagi untuk mengamankan Indonesia," ujar dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya