Sidang Isbat Digelar Tertutup, Ini Alasan Menag

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • Danar Dono/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Sidang Isbat penentuan awal Ramadan sore tadi kembali digelar secara tertutup, sehingga proses pembahasan yang dilakukan ulama, tamu, dan perwakilan ormas serta LSM, tak dapat disaksikan masyarakat secara langsung.

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Hal ini menimbulkan kesan tidak transparan. Meski begitu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memiliki pandangan berbeda.

"Sidang Isbat tertutup karena berdasarkan dari masukan yang diterima dari ormas dan LSM serta MUI (Majelis Ulama Indonesia), kami sepakat bahwa yang dibutuhkan masyarakat adalah lebih pada hasil sidang, bukan pada prosesnya" terang Lukman setelah mengumumkan hasil Sidang Isbat di Kementerian Agama, Minggu, 5 Juni 2016.

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Alasan lainnya, dalam sidang ada beberapa faktor teknis yang tak perlu disaksikan masyarakat secara umum, "karena dalam sidang banyak yang bersifat teknis yang jika diikuti oleh masyarakat awam, berpotensi akan menjadi kesalahpahaman, kita meminimalisir hal tersebut," ujar Lukman.

Sebelumnya Lukman mengumumkan mulai besok, 6 Juni 2016, umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa. Keputusan ini diambil Sidang Isbat, setelah mempelajari laporan pengamatan hilal dan hisab dari 93 titik pengamatan di Indonesia. Dimana petugas sudah bisa melihat penampakan hilal lebih dari dua derajat.

Siap-siap Lebaran! Hilal 1 Syawal 1445 H Diprediksi Bisa Dilihat di Indonesia

Hasil ini membuat ibadah puasa kembali digelar bersamaan oleh seluruh umat muslim di Indonesia, termasuk dari ormas Muhammadiyah.

(ren)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024